Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Maria Ulfa, 170212031 (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan   Akademik] Text (Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik)
Maria Ulfa, 170212031, FTK, PTI, 082261143905 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh dilihat dari dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible. Sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa aktif Fakultas Tarbiyah dan Keguruan angkatan 2016-2020 yang dipilih dengan menggunakan quota sampling yaitu teknik penentuan sampel atas populasi tertentu untuk diklasifikasikan sesuai ciri khas hingga mencapai jumlah kuota yang dibutuhkan. Data penelitian diperoleh dengan cara penyebaran angket melalui media online (google form) kepada mahasiswa yang berisi 25 item pertanyaan. Data analisis menggunakan metode analisis regresi liniear sederhana.
Hasil Tingkat kepuasan mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Banda Aceh. Pelayanan di FTK sudah dilakukan dengan cukup baik dan mahasiswa puas dengan pelayanan dari dimensi reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Kemudian di dimensi tangibles mahasiswa lebih suka bertemu petugas akademik dengan jawaban responden sebesar 61%. Dan item pertanyaan Pelayanan akademik yang diberikan berbasis komputer dengan jawaban sebesar 70% artinya mahasiswa sangat puas jika pelayanan dilakukan berbasis computer/IT.
Kualitas pelayanan akademik mempunyai pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dengan hasil analisis menyebutkan bahwa tingkat kesesuaian antara kinerja pelayanan akademik terhadap harapan kepuasan mahasiswa adalah sebesar 46%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 378 Pendidikan tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Maria Ulfa Ulfa
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:12
Last Modified: 04 Jul 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21679

Actions (login required)

View Item
View Item