Analisis Nilai-Nilai Tanggung Jawab dalam Buku Cerita Persahabatan Binatang Karya Heru Kurniawan dan Reni Setya Wati

Noni Rozalin, 170210001 (2021) Analisis Nilai-Nilai Tanggung Jawab dalam Buku Cerita Persahabatan Binatang Karya Heru Kurniawan dan Reni Setya Wati. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Buku Cerita Persahabatan Binatang] Text (Buku Cerita Persahabatan Binatang)
Noni Rozalin, 170210001, FTK, PIAUD, 085296216259.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Buku cerita “Persahabatan Binatang” Karya Heru Kurniawan dan Reni Setya Wati merupakan sebuah buku pembelajaran anak usia dini yang dapat digunakan untuk mengenalkan tentang nilai-nilai tanggung jawab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang baimana bentuk dan teknik penyampaian dalam buku cerita “Persahabatan Binatang” Karya Heru Kurniawan dan Reni Setya Wati?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang nilai-nilai tanggung jawab serta teknik penyampaiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu, teknik baca, teknik catat dan teknik klasifikasi. Dari hasil penelitian yang Peneliti lakukan terdapat tujuh indikator yang mengandung nilai tanggung jawab yaitu: (1) Mengakui bila melakukan kesalahan, (2) meminta maaf bila melakukan kesalahan, (3) Merapikan peralatan/ mainan yang telah digunakan, (4) Menjaga barang miliknya sendiri, (5) Dapat menjaga barang milik orang, (6) Senang menjalankan tugas yang diberikan orang tua atau guru, (7) Turut merawat mainan sekolah. Dari 25 sub judul, 17 sub judul yang mengandung nilai-nilai tanggung jawab dengan teknik penyampaian secara langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Noni Rozalin Noni
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:12
Last Modified: 04 Jul 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21700

Actions (login required)

View Item
View Item