Penggunaan Metode Kauny dalam Menghafal Ayat Al-Qur’an di TPA Urwatul Wusqa Gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar

Rojatul Jannah, 160303039 (2020) Penggunaan Metode Kauny dalam Menghafal Ayat Al-Qur’an di TPA Urwatul Wusqa Gampong Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Menghafal Ayat   Al-Qur’an] Text (Menghafal Ayat Al-Qur’an)
Rojatul Jannah, 160303039, FUF, IAT, 085373604489.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Menghafal al-Qur’an adalah suatu hal yang sulit dilakukan oleh anak usia dini, namun faktanya dengan menggunakan metode Kauny Quantum Memory banyak anak-anak di TPA Urwatul Wusqa tertarik dan telah berhasil menghafal al-Qur’an. Oleh karena itu peneliti tertarik meneliti segala hal yang berkaitan dengan metode Kauny Quantum Memory baik dari segi bentuk dan penerapannya pada TPA Urwatul Wusqa, dengan harapan dapat berguna bagi pengembangan pengetahuan Islam, khususnya dalam mengembangkan aktivitas belajar menghafal al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan). Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Teknik dalam menganalisis data menggunakan jalur analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) metode Kauny Quantum Memory adalah metode gabungan antara kecerdasan otak kanan dan otak kiri (brain power) dengan metode menghafal yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw. (2) penggunaan dan penerapan metode Kauny Quantum Memory di TPA Urwatul Wusqa memiliki waktu khusus terkait penggunaan metode ini, yaitu dilakukan pada classical pertama, pada saat itu pengajar akan mengalihkan konsentrasi anak-anak dengan tepukan tangan sekali bersamaan dengan kata MASTER. Dengan adanya metode ini maka mengahafal Al-Qur’an jadi lebih mudah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Rojatul Jannah Roja
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:59
Last Modified: 05 Jul 2022 03:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21724

Actions (login required)

View Item
View Item