Pengaruh Media Animasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS kelas IV di MIN 14 Aceh Tengah

Sri Kinanti, 170209112 (2021) Pengaruh Media Animasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS kelas IV di MIN 14 Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Animasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS kelas IV di MIN 14 Aceh Tengah] Text (Pengaruh Media Animasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS kelas IV di MIN 14 Aceh Tengah)
Sri Kinanti, 170209112, FTK, PGMI, 082274795176.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti yang dilakukan pada peserta didik dikelas IV MIN 14 Aceh Tengah, peneliti menemukan ketidakseriusan dalam belajar, kurang aktif dalam belajar dan mereka sibuk dengan aktivitas masing-masing hanya sebagian kecil peserta didik benar-benar memperhatikan penjelasan guru. Pembelajaran juga masih guru masih menekankan cara belajar membaca, menulis, dan jarang menggunakan media yang lebih variasi ketika proses pembelajaran berlangsung peserta didik juga terlihat melakukan kegiatan sendiri seperti menulis buku dengan tulisan yang tidak jelas berkaitan dengan materi, melihat keatap langit dinding, melihat keluar pintu dan juga ada beberapa peserta didik yang menempelkan stiker pada bukunya. Dalam strategi pembelajaran yang demikian diduga kurang menumbuhkan minat belajar.Yang merupakan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1.Bagaimana minat belajar peserta didik setelah menggunakan media animasi mata pelajaran IPS kelas IV di MIN 14 Aceh Tengah 2. Apakah terdapat pengaruh media animasi terhadap minat belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran IPS di MIN 14 Aceh Tengah. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif yang menggunakan dua kelas Adapun cara pengumpulan data pada penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas siswa yang memperlihatkan minat belajar saat penggunaan media animasi dan media gambar, soal tes berupa soal pre-test dan post-test dan angket minat belajar, data angket akan dihitung menggunakan rumus. Data yang dianalisis dengan menggunakan SPSS Statistic 20. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t independent sample t test dengan syarat hasil normalitas dan homogenitas bersifat normal dan homogen. Didapatkan hasil analisis uji thitung sebesar 0,195 dan hasil ttabel sebesar 2,042 dengan pengambilan keputusan Jika nilai thitung > ttabel Maka H0 ditolak dan Ha diterima Jika nilai thitung < ttabel maka H0 diterima dan Ha ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa” tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara media animasi terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV di MIN 14 Aceh Tengah”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sri Kinanti
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:00
Last Modified: 05 Jul 2022 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21725

Actions (login required)

View Item
View Item