Penerapan Ibadah Shalat Fardhu Berjama’ah Terhadap Pembentukan Kedisiplinan Siswa di SMPS Islam Al-Falah Abu Lam U Aceh Besar

Muslim, 150201133 (2022) Penerapan Ibadah Shalat Fardhu Berjama’ah Terhadap Pembentukan Kedisiplinan Siswa di SMPS Islam Al-Falah Abu Lam U Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang shalat fardhu berjama'ah dan Kedisiplinan] Text (membahas tentang shalat fardhu berjama'ah dan Kedisiplinan)
Muslim, 150201133, FTK, PAI, 082304419579.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan di lapangan, bahwa masih ada siswa yang menyepelekan kegiatan shalat fardhu berjama’ah dengan berlambat-lambat menghadiri shalat fardhu berjamaah dan memilih bersenda gurau dengan teman-temannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang kedisiplinan shalat fardhu berjama’ah terhadap pembentukan kedisiplinan siswa di SMPS Islam Al-Falah Abu Lam U Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: pertama, untuk mengetahui kebijakan shalat fardhu berjama’ah dikalangan siswa SMPS Islam Al-Falah Abu Lam U Aceh Besar; kedua, Untuk mengetahui penerapan shalat fardhu berjama’ah terhadap pembentukan kedisiplinan yang diterapkan siswa SMPS Islam Al-Falah Abu Lam U Aceh Besar. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dan wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, satu orang guru, satu orang pembina asrama dan sebelas orang siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kebijakan pelaksanaan ibadah shalat fardhu berjama’ah di SMPS Islam Al-Falah Abu Lam U Aceh Besar dapat membina kedisiplinan shalat fardhu berjama’ah dikalangan siswa serta memberikan dorongan kepada siswa dalam mengimplementasikan shalat fardhu berjama’ah secara disiplin dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh sekolah, seperti memberikan motivasi, punishment (hukuman) dan sebagainya. Sehingga terbentuknya kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelaksanaan shalat fardhu berjama’ah di SMPS Islam Al-Falah Abu Lam U Aceh Besar, kemudian siswa yang disiplin dalam melaksanakan shalat fardhu berjama’ah akan membentuk kedisiplinan siswa dalam megikuti kegiatan sekolah di SMPS Islam Al-Falah Abu Lam U Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Depositing User: Muslim Muslim
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:16
Last Modified: 06 Jul 2022 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21755

Actions (login required)

View Item
View Item