Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Materi Pesawat Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 12 Banda Aceh

Agus Maunandar, 140204123 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Materi Pesawat Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 12 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Materi Pesawat Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 12 Banda Aceh] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Materi Pesawat Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 12 Banda Aceh)
Agus Munandar, 140204123, FTK, SPF, 081260486428.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran, sering didapatkan guru lebih aktif dibandingkan peserta didik. Peserta didik di dalam kelas sangat sedikit yang berani menjawab pertanyaan dari guru maupun yang mengajukan pertanyaan kepada guru. Akibatnya dalam memahami konsep fisika, peserta didik menempuhnya dengan cara menghafal dan kurang memahami konsep yang diberikan. Adapun judul penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi pesawat sederhana terhadap hasil belajar peserta didik SMPN 12 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data yang diperoleh menunjukkkan bahwa thitung > ttabel yaitu sebesar 3,540 > 1,716, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada materi pesawat sederhana terhadap hasil belajar peserta didik SMPN 12 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Agus Maunandar Agus
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:48
Last Modified: 06 Jul 2022 03:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21758

Actions (login required)

View Item
View Item