Logoterapi Dalam Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Di Tinjau Menurut Konseling Islam

Muhammad Suhaimi Bin Azizan, Suhaimi (2021) Logoterapi Dalam Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Di Tinjau Menurut Konseling Islam. Other thesis, UIN Ar Raniry.

[thumbnail of Logoterapi Dalam Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Di Tinjau Menurut Konseling Islam] Text (Logoterapi Dalam Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Di Tinjau Menurut Konseling Islam)
MUHAMMAD SUHAIMI BIN AZIZAN, 150402019, FDK, BKI, +601111770218.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Logoterapi adalah salah satu aliran modern yang bercabang didalam psikologi humanistik, dengan upaya penyembuhan atau pengobatan melalui penemuan makna hidup dan pengembangan hidup bermakna. Kemudian dapat digambarkan sebagai corak psikologi dan psikoterapi yang mengakui adanya dimensi kerohanian pada manusia selain dimensi raga dan jiwa, serta beranggapan bahwa makna hidup dan hasrat hidup bermakna merupakan motivasi utama manusia dalam meraih taraf kehidupan yang bermakna. Dalam kehidupan walaupun makna hidup itu ada di dalam diri individu tersebut, namun tidak sedikit manusia yang menyedari sehingga perlu ada perantara atau bantuan orang lain untuk membantu membimbingnya dalam menyadari akan makna hidup tersebut. Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah untuk mencari bagaimana pandangan konseling islam terhadap logoterapi tersebut. Khususnya apabila logoterapi ini diguna pakai dalam melaksanakan konseling islam. Penelitian ini pertama bertujuan, untuk mengkaji bagaimana pandangan islam terhadap makna hidup dan hidup bermakna. Kedua untuk mengkaji pandangan konseling islam terhadap pemikiran Viktor E. Frankl tentang logoterapi. Dan yang ketigai unutk mengkaji konsep logoterapi dalam meningkatkan kebermaknaan hidup di tinjau menurut konseling islam. Untuk memperkuatkan penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari pemikiran Viktor E. Frankl tentang logoterapi. Peneliti juga mengumpulkan data dengan menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik analisis yang peneliti gunakan adalah content analysis (analisis isi). Hasil pembahasan yang peneliti peroleh pertama makna hidup pandangan islam adalah tujuan bagi seseorsng, manakala hidup bermakna pula perkara baik yang harus dilakukan. Kedua pandangan konseling islam terhadap pemikiran Viktor E. Frankl tentang logoterapi mempunyai kesamaan dalam pelaksanaannya. Ketiga yang dapat dilihat konsep logoterapi dalam meningkatkan kebermaknaan hidup ditinjau menurut konseling islam adalah sama-sama dikatakan sejalan dalam membantu klien untuk meningkatkan dan menemukan makna hidup yang bahagia bagi seseorang.
Kata Kunci : Logoterapi, Makna Hidup dan Konseling Islam

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Jarnawi, M.,Pd Syaiful Indra M.Pd.,Kons
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Depositing User: Muhammad Suhaimi Bin Azizan
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:16
Last Modified: 06 Jul 2022 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21759

Actions (login required)

View Item
View Item