Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 1 Pasie Raja

Wiwik Minasari, 261222893 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPN 1 Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran)
Wiwik Minasari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII 3 SMPN 1 Pasie Raja yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I sebesar 54,78%, lalu pada siklus II meningkat menjadi 66,09% dan pada siklus III meningkat menjadi 80,87% dan respon siswa mencapai 3,01 kualifikasi positif. Jadi, dapat dikatakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa meningkat dari setiap siklusnya. Sehingga model pembelajaran Learning Cycle 5E ini bisa diterapkan dalam pembelajaran pelajaran matematika materi segiempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. M. Duskri, M.kes 2. Cut Intan Salasiyah S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Learning Cycle 5E, Pemahaman konsep
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wiwik Minasari
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:22
Last Modified: 11 Jan 2018 07:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2176

Actions (login required)

View Item
View Item