Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar

Cut Fitri Aya Sophiea, 170213055 (2021) Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Penerapan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar)
Cut Fitri Aya Sophea, 170213055, FTK, PBK, 082370138677.pdf - Published Version

Download (13MB)

Abstract

Prokrastinasi Akademik merupakan kecenderungan menunda menyelesaikan tugas dengan melakukan aktivitas lain yang tidak berguna sehingga tugas menjadi terhambat sehingga tidak selesai tepat waktu. Self management merupakan suatu teknik yang mengarah perilaku individu untuk membantu konseli dalam mengatur dan merubah perilaku ke arah yang lebih efektif melalui proses belajar tingkah laku baru. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen (One Group Pretest Posttest Design). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada seluruh siswa kelas VIII5, populasi penelitian adalah 30 orang dan menggunakan purposive sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini
berjumlah 12 orang sesuai dengan kriteria. Sampel diberikan treatment berupa konseling kelompok dengan teknik self management. Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pre-test dan post-test dimana adanya penurunan nilai sesudah diberikan penerapan teknik self management untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yaitu perolehan ttabel < thitung = 1.79 < 12.108. Dari perbandingan tersebut dapat diputuskan bahwa H0 tidak dapat diterima, dengan kata lain Hatidak dapat ditolak. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa teknik self management dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa di MTsN 2 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknik Self Management, Prokrastinasi Akademik
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Cut Fitri Aya Sophiea Cut
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:21
Last Modified: 06 Jul 2022 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21768

Actions (login required)

View Item
View Item