Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas III MIN 18 Aceh Selatan

Shauri Masrura, 150209013 (2021) Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Siswa Kelas III MIN 18 Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Gambar] Text (Penggunaan Media Gambar)
Shauri Masrura, 150209013, FTK, PGMI, 082281726556.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Media gambar adalah media yang mengkombinasikan pengungkapan kata-kata dengan gambar-gambar Pembelajaran dengan media gambar diharapkan mampu membantu siswa dalam mengatasi kesulitan mereka dalam menulis karangan sehingga media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan. Kurangnya kemampuan perserta didik dalam menulis karangan membuat peneliti berniat untuk menerapakan media gambar sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan untuk peserta didik kelas III di MIN 18 Aceh Selatan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu. Bagaimanakah aktivitas guru dalam menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas III MIN 18 Aceh Selatan. Bagaimanakah aktivitas siswa dalam menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas III MIN 18 Aceh Selatan. Dan bagaimanakan peningkatan kemampuan menulis karangan siswa dengan menggunakan media gambar kelas III MIN 18 Aceh. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dalam penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III, yang terdiri dari 21 siswa yaitu 9 laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis karangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode: tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik statistik deskriptif yaitu dengan mencari nilai rata-rata karangan siswa. Adapun pada siklus I hasil analisis kemampuan menulis karangan siswa yang mampu mencapai nilai KKM hanya 4,76% , pada siklus ke-II sebesar 23,81% dan hasil pada siklus III menunjukkan 80,95% dari keseluruhan. Berdasarkan hasil yang didapatkan pada siklus III menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas telah mencapai ketuntasan secara klasikal sesuai yang ditentukan oleh sekolah yaitu 80 (berada pada kategori “baik”). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III MIN 18 Aceh selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Shauri Masrura Shauri
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:16
Last Modified: 07 Jul 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21783

Actions (login required)

View Item
View Item