Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh

Astri Medianti Dewi, 170207032 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMA Negeri 7 Kota Banda Aceh)
Astri Medianti Dewi, 170207032, FTK, PBL, 082216175122.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pengaruh Pengembangan teknologi yang semakin pesat di era sekarang tentunya memberikan suasana baru pada bidang pendidikan. Pendidikan dapat diartikan sebagai kegiatan proses belajar mengajar antara pendidik dan peserta didik. Salah satu pemanfaatan teknologi didalam pendidikan ialah sebagai media digital yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu media pembelajaran berbasis teknologi berupa lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) dengan menggunakan aplikasi Flip PDF Professional serta menguji kelayakan dan Respon terhadap media yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan merupakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan meliputi Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi para ahli dan lembar respon pendidik serta peserta didik. Analis data untuk hasil validasi serta respon menggunakan rumus persentase. Hasil validasi ahli materi memperoleh persentase penilaian sebesar 83.07% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase penilaian sebesar 97.27% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon yang diberikan pendidik memperoleh persentase penilaian sebesar 94.66% dengan kriteria sangat menarik. Hasil respon peserta didik memperoleh persentase penilaian sebesar 93.29% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil validasi uji kelayakan dan kemenarikan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajan berupa E-LKPD sangat layak dan menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Astri Medianti Dewi
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:12
Last Modified: 07 Jul 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21786

Actions (login required)

View Item
View Item