Penerapan Media Audiovisual Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Blang Bintang Aceh Besar

Rika Astuti, 281223205 (2019) Penerapan Media Audiovisual Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Blang Bintang Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Audiovisual Pada Materi Pemanasan Global  Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Blang Bintang Aceh Besar] Text (Penerapan Media Audiovisual Pada Materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Blang Bintang Aceh Besar)
Rika Astuti, 281223205, FTK, PBL, 085262757327.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMPN 2 Blang Bintang Aceh Besar masih tergolong rendah karena siswa merasa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena kurangnya penggunaan media pembelajaran. Salah satu cara menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran seperti media audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan media audiovisual pada materi pemanasan global. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental desaign dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 2 Blang Bintang Aceh Besar yang terdiri dari 3 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIb yang berjumlah 24 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil analisis data aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama menunjukkan kategori cukup aktif (59,90%) yang mengalami peningkatan pada pertemuan kedua menjadi sangat aktif (86,46%). Hasil analisis data hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata sebelum perlakuan adalah 52,1 dan mengalami peningkatan menjadi 86,7 setelah diberi perlakuan. Hasil uji-t menunjukkan thitung ˃ ttabel (20,34˃1,714), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rika Astuti
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:14
Last Modified: 07 Jul 2022 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21789

Actions (login required)

View Item
View Item