Lembar Hasil Peer Review buku Fiqh Berlalu Lintas

Khairuddin Hasballah, 2014097301 (2022) Lembar Hasil Peer Review buku Fiqh Berlalu Lintas. Bandar Publishing, Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Berisi tentang Lembar Hasil Peer Review buku Fiqh Berlalu Lintas] Text (Berisi tentang Lembar Hasil Peer Review buku Fiqh Berlalu Lintas)
4. peer review buku fiqh berlalu lintas.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (287kB)

Abstract

Aturan berlalu lintas di jalan raya telah diatur dalam ilmu fikih. Allah mengingatkan bahwa setiap manusia tidak berlaku angkuh dan sombong di jalan raya. Berkendara di jalan raya dengan adab yang baik menjadi kewajiban bagi setiap pengendara dan pengguna jalan. Pengendara dituntut memiliki pengetahuan tentang lalu lintas dan jalan raya. Selain itu, pengendara wajib memiliki kompetensi dengan bukti mendapatkan surat izin mengemudi. Syarat berkendara yang telah disebutkan berguna untuk menghindari gangguan dan perbuatan yang menjurus terhadap kemungkaran di jalan raya. Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan tuntunan kepada kaum muslimin tentang hak-hak pengguna jalan, termasuk di dalamnya tentang etika atau adab. Adanya sikap saling menghargai, di mana sikap dan adab dalam berlalu lintas pada masanya juga dipraktikkan oleh Rasulullah dan para sahabat dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia telah memiliki ulasi penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan. Melalui Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, tegas mengatur sejumlah tata tertib dan etika berlalu lintas di jalan raya.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.99 Masalah-Masalah Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Khairuddin Hasballah
Date Deposited: 06 Jul 2022 09:41
Last Modified: 06 Jul 2022 09:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21793

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item
View Item