Penerapan Model Extending Concept Throught Language Activities Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa

Syarifah Fitria, 170209128 (2021) Penerapan Model Extending Concept Throught Language Activities Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Extending Concept Throught Language Activities Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa] Text (Penerapan Model Extending Concept Throught Language Activities Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa)
Syarifah Fitria, 170209128, FTK, PGMI, 082289802929.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MIS Al-Istiqamah Aceh Besar ditemukan bahwa kemampuan pemahaman membaca siswa masih ada siswa yang kurang dalam memahami bacaan. Dalam upaya peningkatan pemahaman membaca yang lebih baik peneliti mencoba menerapkan salah satu model pembalajaran. Dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dengan penerapan model Extending Concept Throught Language Activities di kelas IV MIS Al-Istiqamah Aceh Besar, dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 59.09%, pada siklus II 75% dan meningkat pada siklus III yaitu 98.86%. dan hasil aktivitas siswa pada siklus I 57.95% , pada siklus II mulai meningkat yaitu 76.13% dan sangat meningkat pada siklus III yaitu 97.72%. sedangkan hasil pemahaman membaca siswa pada siklus I yaitu 40%, pada siklus II 75%, dan siklus III yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Extending Concept Throught Language Activities dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syarifah Fitria
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:53
Last Modified: 07 Jul 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21813

Actions (login required)

View Item
View Item