Thalilu Ad-Darajah Al-Ma’rifiyyah Li Asilati Al-Ikhtibari An-Nihaai Al-Wathani Li Darsi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Al-Marhalah Ats-Tsanawiyah

M. Azmi, 160202039 (2020) Thalilu Ad-Darajah Al-Ma’rifiyyah Li Asilati Al-Ikhtibari An-Nihaai Al-Wathani Li Darsi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Li Al-Marhalah Ats-Tsanawiyah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Thalilu Ad-Darajah Al-Ma’rifiyyah Li Asilati Al-Ikhtibari An-Nihaai Al-Wathani Li Darsi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah] Text (Thalilu Ad-Darajah Al-Ma’rifiyyah Li Asilati Al-Ikhtibari An-Nihaai Al-Wathani Li Darsi Al-Lughah Al-‘Arabiyyah)
Jurnal M. Azmi, 160202039, FTK, PBA, 081260466778.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Analisis soal adalah kegiatan yang dilakukan untuk menemukan berbagai kekurangan dari ujian hasil pembelajaran, analisis ini bertujuan untuk menentukan soal-soal yang baik, buruk serta masalah yang dihadapi soal-soal tersebut. Dari analisis ini diperoleh data terkait masalah yang terdapat dalam suatu soal dan cara memperbaikinya. Analisis level kognitif adalah salah satu bagian dari analisis soal yang bertujuan untuk mengungkapkan komposisi level kognitif yang terkandung dalam suatu soal. Penulis mengetahui bahwa analisis level kognitif jarang dilakukan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan komposisi level kognitif yang terkandung dalam soal-soal Ujian Nasional Bahasa Arab untuk tingkat sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Sampel penelitian ini adalah soal-soal Ujian Nasional Bahasa Arab yang dikeluarkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk Tahun Pelajaran 2013-2014 yang diikuti oleh siswa-siswi jurusan bahasa dari sekolah menengah atas Republik Indonesia, totalnya 50 soal. Hasil dari penelitian ini adalah persentase tingkat kognitif untuk masing-masing soal yaitu: C1 (52%), C2 (20%), C3 (22%), C4 (6%), C5 (0%) dan C6 (0%). Hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang mendukung ketercapaian Kompetensi Dasar, yaitu 30% untuk C1 dan C2, 40% untuk C3 dan C4 serta 30% untuk C5dan C6.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: M. Azmi Azmi
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:54
Last Modified: 07 Jul 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21814

Actions (login required)

View Item
View Item