Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 5 Banda Aceh

Riska Rahmadhani, 180209003 (2022) Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 5 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Project Based Learning] Text (Model Project Based Learning)
Riska Rahmadhani, 180209003, FTK, PGMI, 081265968191.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Dalam peningkatan hasil belajar siswa, guru harus mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswa. Namun, kenyataannya guru menggunakan model pembelajaran belum sesuai dengan materi. Antusias siswa dalam pembelajaran masih pasif dan berdampak pada hasil belajar siswa. Dari 35 siswa hanya 14 siswa (40%) yang tuntas atau mendapatkan nilai 75 keatas. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes, kemudian data tersebut dianalisis menggunakan rumus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan guru dalam penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan media animasi melalui guru menjelaskan project yang akan dilakukan, menjelaskan tahapan pembuatan project, menentukan waktu pengerjaan, mengawasi dan memonitor kegiatan siswa, dan menguji hasil project. Kegiatan siswa, siswa mengerjakan project dengan mengikuti tahapan dan waktu yang telah ditentukan, menyelesaikan project dengan pengawasan guru dan mempresentasikan hasil project. Hasil belajar siswa setelah menerapkan model PjBL dengan media animasi meningkat. Pada siklus 1 siswa yang tuntas sebesar 60% meningkat pada siklus 2 menjadi 82,85%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Riska Rahmadhani Riska
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:11
Last Modified: 07 Jul 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item
View Item