Peran Forum Bangun Aceh (Fba) Dalam Pemberdayaan Disabilitas Di Aceh Besar

Dewi Chrismawati, 160305040 (2021) Peran Forum Bangun Aceh (Fba) Dalam Pemberdayaan Disabilitas Di Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Peran Forum Bangun Aceh (Fba) Dalam Pemberdayaan Disabilitas Di Aceh Besar] Text (Peran Forum Bangun Aceh (Fba) Dalam Pemberdayaan Disabilitas Di Aceh Besar)
Dewi Chrismawati, 160305040, FUF, SA, 082272270824.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

FBA adalah salah satu lembaga yang fokus terhadap pendampingan kelompok disabilitas melalui pemberdayaan sosial dan ekonomi untuk membentuk modal sosial mereka dengan cara memasukkan mereka ke dalam kelompok sosial yang ada di desa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui isu sosial yang dialami Kelompok Disabilitas di Aceh Besar yang di dampingi oleh FBA serta peran FBA dalam melakukan pemberdayaan terhadap Kelompok Disabilitas di Aceh Besar. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), data diperoleh dari wawancara yang dilakukan terhadap pengurus FBA dan disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disabilitas di Aceh Besar memiliki persoalan-persoalan stigma, tidak memiliki kepercayaan diri, dianggap sebagai aib keluarga, tidak keluar dari rumah, keluarga malu mempunyai anak disabilitas, dipandang sebelah mata, dianggap sebagai beban, diskriminasi. Kemudian FBA telah melakukan pendampingan melalui program-program pemberdayaan ekonomi, penguatan individu dan sosial. Meskipun FBA tergolong baru masuk dalam kegiatan untuk kelompok disabilitas, namun mereka telah mampu memberikan penguatan terhadap para disabilitas dan aparat desa tentang posisi disabilitas dalam masyarakat. Disamping itu terdapat hambatan secara internal, yaitu keluarga yang tidak mensupport dan eksternal, yaitu orang pemberi kerja tidak mau menerima disabilitas, bergantinya stakolder ketika sudah melakukan advokasi awal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Dewi Chrismawati Dewi
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:08
Last Modified: 14 Jul 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21855

Actions (login required)

View Item
View Item