Analisis Nilai Moral Kejujuran Dalam Buku Cerita “Mengapa Ular Piton Tidak Berbisa?” Karya Arga Ars

Luki Lestriani, 150210092 (2021) Analisis Nilai Moral Kejujuran Dalam Buku Cerita “Mengapa Ular Piton Tidak Berbisa?” Karya Arga Ars. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Nilai Moral Kejujuran Dalam Buku Cerita “Mengapa Ular Piton Tidak  Berbisa?” Karya Arga Ars] Text (Analisis Nilai Moral Kejujuran Dalam Buku Cerita “Mengapa Ular Piton Tidak Berbisa?” Karya Arga Ars)
Luki Lestriani, 150210092, FTK, PIAUD, 081265913692.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Nilai moral kejujuran merupakan nilai kehidupan yang mendasar yang paling penting dan harus diajarkan pada anak sejak usia dini. Mengajarkan anak untuk berkata, bersikap dan berprilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak. Nilai moral kejujuran dapat ditanamkan melalui buku cerita yang mengandung nilai moral kejujuran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud nilai moral kejujuran serta teknik penyampaian nilai moral kejujuran dengan sumber data penelitian yaitu buku cerita dongeng anak yang berjudul “Mengapa Ular Piton Tidak Berbisa?” Karya Arga Ars. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan data penelitian dikumpulkan melalui teknik studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerita buku tersebut ditemukan wujud nilai moral kejujuran sebagai berikut: Hubungan manusia dengan dirinya sendiri yang terdiri dari; anak mau mengakui kesalahan, anak menghargai keunggulan orang lain, kemudian hubungan manusia dengan manusia lain atau makhluk lain terdiri dari; anak terbiasa berkata jujur, anak mengerti mana milik pribadi dan milik bersama, anak terbiasa mengembalikan benda yang bukan miliknya, anak meminta maaf jika salah dan memaafkan teman yang berbuat salah, tidak menumpuk mainan dan makanan untuk dirinya sendiri. Adapun teknik penyampaian nilai moral kejujuran dalam buku cerita anak tersebut yaitu teknik penyampaian secara langsung dan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai Moral Kejujuran, Buku Cerita
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Luki Lestriani
Date Deposited: 14 Jul 2022 03:19
Last Modified: 14 Jul 2022 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21857

Actions (login required)

View Item
View Item