Penerapan Teknik Jarimatika untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN Lampisang Aceh Besar

Rika Rahim, 201325063 (2017) Penerapan Teknik Jarimatika untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN Lampisang Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Matematika]
Preview
Text (Membahas tentang Matematika)
SKRIPSI PDF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru dituntut harus aktif, kreatif dan inovatif dalam memilih teknik dan metode yang digunakan dalam menyampaikan materi kepada siswa, salah satunya menggunakan teknik jarimatika. Salah satu teknik yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah teknik jarimatika. Jarimatika adalah cara berhitung dengan jari-jari tangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan peningkatan keterampilan berhitung melalui penerapan teknik jarimatika terhadap pembelajaran matematika pada siswa kelas IV MIN Lampisang Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa dalam pembelajaran matematika, serta peningkatan keterampilan berhitung siswa melalui penerapan teknik jarimatika terhadap pembelajaran matematika pada siswa kelas IV MIN Lampisang Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV/A MIN Lampisang Aceh Besar yang berjumlah 17 siswa dengan KKM Individual 67 dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan: (l) Lembar Observasi (2) soal pre-test dan post tes, (3) respon, kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I yaitu 69,44%, meningkat pada siklus II yaitu 84,72%, dan juga meningkat pada siklus III yaitu 91,67%. (2) Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 66,67%, meningkat pada siklus II yaitu 77,78% dan juga meningkat pada siklus III yaitu 93,06%. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 64,70%, meningkat pada siklus II yaitu 82,35% dan juga meningkat pada siklus III yaitu 94,11%. (4) Respon siswa terhadap penerapan teknik jarimatika di kelas IV MIN Lampisang Aceh Besar adalah 74,82% siswa menyatakan sangat setuju, 21,23% siswa menyatakan setuju, dan 3,95% yang menyatakan tidak setuju. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa melalui penerapan teknik jarimatika dapat meningkatkan keterampilan berhitung pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas IV/A MIN Lampisang Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof.Dr.M.Nasir Budiman, MA 2. Dr.Zainal Abidin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berhitung, Teknik Jarimatika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rika Rahim
Date Deposited: 11 Jan 2018 08:59
Last Modified: 11 Jan 2018 09:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2186

Actions (login required)

View Item
View Item