Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Melaboh Kabupaten Aceh Barat

Syahrul Ozzay, 361303545 (2022) Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Melaboh Kabupaten Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Melaboh Kabupaten Aceh Barat] Text (Toleransi Antar Umat Beragama di Kota Melaboh Kabupaten Aceh Barat)
Syahrul Ozzay, 361303545, FUF, SA, 085359391038.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kehidupan agama minoritas dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam di kota Meulaboh terlihat begitu harmonis. Kondisi penduduk yang beragama non muslim tidak mengalami diskriminasi. Hal ini dibuktikan dengan adanya pola interaksi yang dibangun di dalam kehidupan masyarakat baik itu yang beragama minoritas maupun mayoritas. Hubungan antar umat beragama sangat di jaga dengan baik, sehingga sampai saat ini belum pernah terjadi isu konflik yang berbasis agama antara kelompok yang beragama non muslim maupun umat yang beragama Islam di kota Meulaboh. Kerukunan antar umat bergama di kota Meulaboh sangat dijaga dengan baik agar tidak menimbulkan perpecahan antar kelompok baik itu kelompok minoritas maupun mayoritas, hal ini dikarenakan tingkat toleransi yang masih tinggi sehingga tercipta kondisi yang stabil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fieldresearch). Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber terdiri dari masyarakat kota Meulaboh, tokoh adat, tokoh masyarakat non muslim dan tokoh masyarakat yang bergama Islam. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberadaan agama minoritas di tengah-tengah masyarakat yang secara umum bergama Islam, dapat diterima dengan baik sehingga toleransi antar umat beragama di kota Meulaboh berlangsung dengan baik dan kondusif. Selain itu, kerukunan antar umat beragama di kota Meulaboh juga terjalin oleh hubungan sosial antara masyarakatnya, seperti bergotong royong, bakti sosial, acara pernikahan, acara adat, acara peringatan hari-hari besar serta kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Syahrul Ozzay
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:53
Last Modified: 15 Jul 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21869

Actions (login required)

View Item
View Item