Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Scrip untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA MUQ Banda Aceh

Shalihati, 261121427 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Scrip untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA MUQ Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas bPeningkatan Hasil Belajar]
Preview
Text (Membahas bPeningkatan Hasil Belajar)
SKRIPSI UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kondisi pembelajaran yang masih didominasi guru, di mana guru memberikan penjelasan kepada siswa secara lisan dan siswa hanya mendengarkan saja, tanpa terlibat aktif didalamnya, banyak diantara siswa yang masih malu bertanya dan tidak berani mengemukakan pendapat. Jika hal ini dibiarkan maka hasil belajar siswa akan selalu rendah. Oleh karena itu perlu dicari suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran Cooperative Script. Model ini mengajak siswa untuk membuat rangkuman dari materi yang sedang dipelajari dan saling menjelaskan kepada temannya serta dapat mendorong siswa mengungkapkan idenya dan membandingkan dengan ide temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperative Script yang dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa kelas XI-IPA MUQ Banda Aceh pada materi aturan pencacahan setelah diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA MUQ Banda Aceh yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan lembar tes hasil belajar. Analisis data untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa menggunakan pendeskripsian dan untuk hasil belajar dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I belum efektif karena guru belum mampu menguasai kelas dengan baik, dan pada siklus II guru mulai mengalami peningkatan karena sudah mampu menguasai kelas dengan baik. Aktivitas siswa pada siklus I hanya 4 siswa yang berani bertanya dan belum ada siswa yang menanggapi, pada siklus II terdapat peningkatan 10 siswa yang mulai aktif bertanya dan ada 3 siswa yang menanggapi. Sedangkan hasil belajar pada siklus I yaitu 75% kemudian meningkat pada siklus II mencapai 87,5% dan tes akhir 93,75%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI-IPA MUQ Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: dr. M. Duskri, M. Kes Zikra Hayati, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Scrip, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: shali shalihati
Date Deposited: 11 Jan 2018 08:37
Last Modified: 11 Jan 2018 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2187

Actions (login required)

View Item
View Item