Hukum Menggunakan Platelet Rich Plasma (PRP) untuk Perawatan Kecantikan

Yusrawati, 29173457 (2022) Hukum Menggunakan Platelet Rich Plasma (PRP) untuk Perawatan Kecantikan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hukum Menggunakan Platelet Rich  Plasma (PRP) untuk Perawatan Kecantikan] Text (Hukum Menggunakan Platelet Rich Plasma (PRP) untuk Perawatan Kecantikan)
Yusrawati, 29173457, PS, IAI, 085290742486.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kecantikan dan keinginan tampil cantik adalah fitrah manusia. Oleh karena itu Islam menganjurkan pemeluknya untuk menjaga kebersihan diri dan berhias selama ia tidak melanggar ketentuan agama. Kemajuan ilmu pegetahuan telah menghasilkan berbagai macam teknik dan bioteteknologi untuk perawatan estetika, salah satunya Pletelet Rich Plasma (PRP). Tujuan penelitian ini adalah membahas bagaimana terapi PRP digunakan untuk perawatan kecantikan dan estetika, ‘illah pengharaman darah manusia, hukum PRP setelah istihalah, dan hukum perawatan estetika menggunakan PRP dalam lensa maqāṣid al-Syarīʿah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan studi pustaka (library research). Studi lapangan dilaksanakan dengan mengumpulkan data primer melalui observasi dan wawancara. Studi pustaka dengan mencari data sekunder mecakup buku, manuskrip klasik dan kontemporer, ensiklopedia dan artikel-artikel ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PRP adalah konsentrasi trombosit yang digunakan untuk perawatan dermatologi dan estetika, seperti kebotakan, peremajaan kulit, dan pemulihan bekas luka. Apabila PRP dianggap membahayakan maka ia haram dikonsumsi dan najis, begitu juga sebaliknya. Secara umum, jika tujuan terapi itu adalah mengembalikan fungsi tubuh yang cacat sejak lahir maka ia diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ali Abubakar, MA Dr. Khairuddin, M.Ag
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya > 2X4.97 Bedah Plastik dan Pencakokan Organ Tubuh
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Yusrawati Yusrawati
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:08
Last Modified: 18 Jul 2022 04:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21880

Actions (login required)

View Item
View Item