Penggunaan Model Direct Instruction (DI) Melalui Media Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Vokasional Siswa pada Materi Termokimia di SMKN 1 Kota Jantho Aceh Besar

Siti Wardah, 291325016 (2017) Penggunaan Model Direct Instruction (DI) Melalui Media Virtual Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Vokasional Siswa pada Materi Termokimia di SMKN 1 Kota Jantho Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Hasil dan Ketrapilan Vokalsional]
Preview
Text (Membahas tentang Hasil dan Ketrapilan Vokalsional)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 1 Kota Jantho menunjukkan bahwa proses belajar siswa lebih banyak mendengarkan guru menjelaskan materi dan mencatat.Beberapa materi yang memerlukan pengamatan praktikum secara langsung tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan fasilitaslaboratorium.Salah satu model yang cocok guna memudahkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi yang memerlukan pengamatan atau praktek langsung ini adalah model direct intruction melalui media virtual laboratory.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswa, respon dan peningkatan hasil belajar dan keterampilan vokasional siswa selama proses pembelajaran. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa XI TKR2 berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk essay dan angket. Data observasi dianalisis menggunakan teknik persentase, hasil tes dianalisis menggunakan rumus ketuntasan belajar dan ketuntasan klasikal,sedangkan respon siswa dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persentase aktivitas guru sebesar 66.66% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan persentase 83.33%. Persentase aktivitas siswa 61.53% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan persentase 82.69%. Hasil belajar dan keterampilan vokasional siswa dengan persentase 66.66% pada siklus I dan meningkat pada siklus II dengan persentase 88.88%.Respon siswa terhadap model tersebut diperoleh respon siswa dengan jawaban “Ya” dengan persentase 87.74% dan jawaban “Tidak” dengan persentase 11.3%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model direct instruction melalui media virtual laboratorydapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan vokasional siswa pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr H. Ramli Abdullah, M. Pd 2. Sabarni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Direct instruction, virtual laboratory,Termokimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: siti wardah
Date Deposited: 12 Jan 2018 02:24
Last Modified: 12 Jan 2018 02:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2192

Actions (login required)

View Item
View Item