Optimalisasi Peran Stakeholder dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kabupaten Pidie

Muhammad, 191008012 (2022) Optimalisasi Peran Stakeholder dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kabupaten Pidie. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Stakeholder dalam Penanggulangan   Kemiskinan] Text (Peran Stakeholder dalam Penanggulangan Kemiskinan)
Muhammad, 191008012, PS, ES, 085270852968.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu problematika sosial yang menjadi permasalahan dalam masyarakat, sehingga memberikan dampak yang impulsif terhadap tatanan sosial bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran stakeholder dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pidie. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah beberapa dinas pemerintahan, lembaga Baitul Mal, masyarakat dan tokoh agama yang berdomisili di Kabupaten Pidie. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dilakukan menggunakan konsep Miles dan Huberman melalui reduksi data (data reduction), paparan data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks kemiskinan di Kabupaten Pidie masih tinggi dan bersifat statis. Peran stakeholder dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pidie selama ini telah berjalan secara positif, namun belum berdampak signifikan terhadap keseluruhan masyarakat miskin, hal ini dikarenakan belum adanya formulasi penanggulangan kemiskinan yang tepat selain juga pengaruh dari pengaruh kultur budaya masyarakat setempat dalam memahami definisi kemiskinan. Selanjutnya perlu optimalisasi peran dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pidie mulai dari Pemerintah yang berfungsi sebagai regulator dan Service provider (penyedia layanan), peran Lembaga Baitul Mal untuk menjalankan program zakat produktif secara aktif dan sinergi dengan Pemerintah, serta masyarakat dan tokoh agama untuk berpartisipatif dengan berbagai program yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Pidie dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 1. Dr. Ridwan Nurdin, MCL 2. Dr. Azharsyah Ibrahim, SE.Ak., M.S.O.M
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Peran, Stakeholder, Penanggulangan, Kemiskinan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 362 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial > 362.5 Masalah Pelayanan bagi orang Miskin
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:11
Last Modified: 18 Jul 2022 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21925

Actions (login required)

View Item
View Item