Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Kimia Berbasis Submikroskopik Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Meulaboh

Pipi Febriani, 160208070 (2021) Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Kimia Berbasis Submikroskopik Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Meulaboh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Kimia Berbasis Submikroskopik Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Meulaboh] Text (Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Kimia Berbasis Submikroskopik Pada Materi Ikatan Kimia Di SMA Negeri 1 Meulaboh)
Pipi Febriani, 160208070, 082288089093, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami konsep ikatan kimia secara utuh. Pembelajaran yang tidak merepresentasikan submikroskopik membuat peserta didik kesulitan dalam meyelesaikan soal kimia berbasis submikroskopik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penyelesaian soal kimia berbasis submikroskopik pada materi ikatan kimia di SMA Negeri 1 Meulaboh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Meulaboh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Data penelitian dianalisis berdasarkan pada hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis data tes tertulis menunjukkan nilai rata-rata keseluruhan peserta didik sebesar
59.23 dengan kriteria pemahaman cukup dengan persentase keseluruhan 58.78% dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa rata-rata peserta didik belum mampu menyelesaikan soal berbasis submikroskopik sesuai dengan yang diharapkan. Rendahnya kemampuan representasi submikroskopik peserta didik disebabkan beberapa faktor diantaranya peserta didik belum terbiasa dalam menggambarkan ion, elektron dan bentuk molekul secara submikroskopik, belum memahami konsep ikatan kimia secara utuh, kurangnya minat, perhatian, dan persiapan peserta didik dalam menerima materi pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Pipi Febriani
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:09
Last Modified: 19 Jul 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21926

Actions (login required)

View Item
View Item