Syariat Di Ruang Publik : Anak Muda dan Fenomena Khalwat di Alun-alun MTQ Nagan Raya

Nursyarina, 170305064 (2022) Syariat Di Ruang Publik : Anak Muda dan Fenomena Khalwat di Alun-alun MTQ Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Anak Muda dan Fenomena Khalwat] Text (Anak Muda dan Fenomena Khalwat)
Nursyarina, 170305064, FUF, SA, 082166231785.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Syariat di ruang Publik : Anak Muda dan Fenomena Khalwat di Alun-alun MTQ Nagan Raya. Masalah yang akan dijawab pada penelitian ini adalah Mengapa remaja menggunakan ruang publik sebagai tempat melakukan khalwat, dan Bagaimana pemerintah melakukan upaya pencegahan dan pembinaan terhadap pelaku khalwat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kenakalan remaja dalam menggunakan ruang publik sebagai tempat melakukan khalwat, dan Untuk mengetahui upaya pemerintah dan strategi Lembaga Wilayatul Hisbah dalam menjalankan pencegahan dan pembinaan terhadap pelaku khalwat di Kabupaten Nagan Raya serta untuk mengetahui pemahaman terhadap pencegahan khalwat di ruang publik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di mana peneliti secara menyeluruh terhadap fakta yang terdapat di lokasi penelitian sesuai dengan fokus permasalahan memperoleh data melalui data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Bahwa alasan remaja memilih alun-alun sebagai tempat untuk melakukan khalwat dikarenakan alun-alun bekas MTQ ini jauh dari pantauan masyarakat dan sering sepi, Kedua,Satpol PP/WH mengeluarkan kebijakan dalam penyelesaian kasus khalwat atau tindak lanjut dari penyelesaian kasus tersebut yaitu dengan memberikan hukuman sesuai qanun yang berlaku dan memberlakukan operasi razia serta menetapkan denda kepada pelaku khalwat, melakukan pembinaan terhadap remaja-remaja baik dengan melakukan sosialisasi ke sekolah dan ketempat berkumpul remaja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nursyarina Nursyarina
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:58
Last Modified: 19 Jul 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21957

Actions (login required)

View Item
View Item