Efektivitas Penggunaan Biji Asam Jawa (Tamarindus Indica L.) Sebagai Biokoagulan Menggunakan Metode Kombinasi Koagulasi-Flokulasi Dan Filtrasi Terhadap Limbah Cair Industri Pengolahan Ikan Ud. Nagata Tuna

Hilal Badri, 160702056 (2021) Efektivitas Penggunaan Biji Asam Jawa (Tamarindus Indica L.) Sebagai Biokoagulan Menggunakan Metode Kombinasi Koagulasi-Flokulasi Dan Filtrasi Terhadap Limbah Cair Industri Pengolahan Ikan Ud. Nagata Tuna. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Biji Asam Jawa (Tamarindus Indica L.) Sebagai Biokoagulan Menggunakan Metode Kombinasi Koagulasi-Flokulasi Dan Filtrasi Terhadap Limbah Cair Industri Pengolahan Ikan Ud. Nagata Tuna] Text (Efektivitas Penggunaan Biji Asam Jawa (Tamarindus Indica L.) Sebagai Biokoagulan Menggunakan Metode Kombinasi Koagulasi-Flokulasi Dan Filtrasi Terhadap Limbah Cair Industri Pengolahan Ikan Ud. Nagata Tuna)
Hilal Badri, 160702056, FST, TL, 085359233615.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Air limbah industri pengolahan ikan harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke badan air. Penelitian ini bertujuan untuk melanjutkan penelitian terdahulu menurunkan kadar polutan dalam air limbah industri pengolahan ikan sesuai dengan baku mutu air limbah. Baku mutu yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2014. Dalam penelitian ini dilakukan proses pengolahan koagulasi dengan penambahan biokoagulan 2 g/Liter biji asam jawa dan flokulasi menggunakan Jartest dengan kecepatan pengadukan cepat 180 rpm selama 3 menit dan kecepatan pengadukan lambat 80 rpm selama 12 menit. Pengolahan filtrasi dengan menggunakan media filter yang terdiri dari zeolit, pasir silika, karbon aktif dan spon filter untuk menurunkan kadar Turbiditas, TSS, COD, BOD serta menetralkan pH dalam air limbah industri pengolahan ikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dosis koagulan biji asam jawa terhadap perubahan parameter pH, kekeruhan, TSS,COD dan BOD dengan dosis optimum 2 g/L mampu mengubah nilai pH menjadi 6,5 dan menurunkan kadar kekeruhan menjadi 130,2 NTU, menurunkan kadar TSS menjadi 207 mg/l, menurunkan kadar COD menjadi 412,33 mg/l dan menurunkan kadar BOD menjadi 400,25 mg/l. Namun, dengan penurunan tersebut belum mampu menurunkan kadar kekeruhan, TSS, COD dan BOD sesuai dengan baku mutu. Setelah limbah cair industri pengolahan ikan dengan dosis biji asam jawa 2 g/l dilanjutkan pengolahan dengan proses filtrasi mampu menaikkan nilai pH menjadi 7,7 dan menurunkan kadar kekeruhan menjadi 29,4 NTU dengan efisiensi sebesar 77,41%, menurunkan kadar TSS menjadi 39,5 mg/l dengan efisiensi sebesar 80,91%, menurunkan kadar COD menjadi 119,88 mg/l dengan efisiensi 70,92% dan menurunkan kadar BOD menjadi 42,21 mg/l dengan efisiensi 89,45%. Hasil pengujian kelima parameter yaitu pH, kekeruhan, TSS, COD dan BOD sudah sesuai dengan standar baku mutu limbah cair industri pengolahan ikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Hilal Badri
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:40
Last Modified: 20 Jul 2022 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21970

Actions (login required)

View Item
View Item