Penerapan Media Tangram Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Usia Dini

Rahmi Aulia, 160210100 (2021) Penerapan Media Tangram Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Usia Dini. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Tangram Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Usia Dini] Text (Penerapan Media Tangram Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Anak Usia Dini)
Rahmi Aulia, 160210100, FTK, PIAUD, 082202803026.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan anak dalam memecahkan masalah di RA Teunom Aceh Jaya masih kurang berkembang, anak kurang mampu dalam mencocokkan, membedakan serta mengelompokkan bentuk geometri, dan kurangnya media yang tersedia di sekolah. Tujuan untuk megetahui adakah peningkatan kemampuan memecahkan masalah pada anak usia 5-6 tahun melalui media tangram di RA Teunom. Populasi dalam penelitian ini adalah anak RA Teunom kelompok B1berjumlah 47, sampel terdiri dari 15 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dan dokumentasi. Desain penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pre-Eksperimental Designs dengan menggunakan bentuk One Group Pretest-Postest Design. Hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Ra Teunom Aceh Jaya menunjukkan bahwa hasil perhitungan dari nilai pre-test diperoleh nilai rata-rata 5,5. Sedangkan perhitungan dari hasil pos-test diperoleh nilai rata-rata 9,2. Sehingga nilai pos-test lebih tinggi dari pada pre-tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan memecahkan masalah anak usia dini melalui media tangram dikatogorikan BSB (berkembang sangat baik). Dibuktikan melalui pengujian hipotesis, berdasarkan perhitungan menggunakan statistik Uji-t, diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 16.8>1.761. Sehingga hipotesis H_a diterima dan hipotesis H_o ditolak. Dapat dikesimpulan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari penerapan media tangram dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada anak usia 5-6 tahun di RA Teunom Aceh Jaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Rahmi Aulia
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:59
Last Modified: 20 Jul 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21975

Actions (login required)

View Item
View Item