Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal (Studi pada Desa Wisata Lubok Sukon Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar)

T. Popon Yuliansyaf, 160604046 (2021) Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal (Studi pada Desa Wisata Lubok Sukon Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Desa Wisata] Text (Desa Wisata)
T. Popon Yuliansyaf. 160604046, FEBI, IE,082273438074.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui model dan program pengembangan wisata Lubok Sukon dan dampak pengembangan wisata Lubok Sukon terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Pendekatan kualitatif, observasi dan wawancara kepada Dinas Pariwisata, Pemerintah Desa, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model wisata Desa Wisata Lubok Sukon adalah model wisata tradisional kebudayaan Aceh, dengan program pengembangan berupa pelestarian rumah adat, kebersihan, dan kekhasan Aceh Besar. Dampak terhadap perekonomian masyarakat masih kecil, karena pengembangan yang sudah dilakukan belum sepenuhnya melibatkan masyarakat setempat. Rekomendasi kepada Dinas Pariwisata Aceh Besar agar lebih aktif dalam megembangkan Desa Wisata Lubok Sukon, Pemerintah Desa dapat menyusun peraturan pengelolaan pariwisata, dapat berkerjasama dengan badan-badan swasta dalam melakukan promosi dan pengembangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: T. Popon Yuliansyaf Popon
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:12
Last Modified: 25 Jul 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21977

Actions (login required)

View Item
View Item