Peer Review buku Buku Peumat Jaroe: Proses Mediasi Menuju Harmoni dalam Masyarakat Aceh

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Peer Review buku Buku Peumat Jaroe: Proses Mediasi Menuju Harmoni dalam Masyarakat Aceh. Lhee Sagoe Press, Banda Aceh.

[thumbnail of Peer review buku Buku ini membahas tentang Peumat Jaroe Proses Mediasi Menuju Harmoni dalam Masyarakat Aceh] Text (Peer review buku Buku ini membahas tentang Peumat Jaroe Proses Mediasi Menuju Harmoni dalam Masyarakat Aceh)
Peumat Jaroe.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Aceh sebagai sebuah entitas yang unik dengan sejarah yang panjang, tidak diragukan lagi memiliki berbagai kearifan lokal dalam berbagai sektor, baik sektor politik, ekonomi, hukum, pendidikan, sosial dan budaya. Salah satu sektor yang bertahan dalam berbagai kondisi sosial politik yang dihadapi oleh masyarakat Aceh sampai saat ini adalah bagaimana kemampuan lembaga adat dan tokoh masyarakat dalam penyelesaian sengketa atau konflik yang terjadi dalam masyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa masyarakat Aceh memiliki karakter yang kuat dalam mempertahankan martabat dan harkat yang melekat pada diri mereka. Keadaan ini menyebabkan sering terjadinya konflik dalam kehidupan masyarakat. Namun, Aceh memiliki nilai dan sistem penyelesaian sengketa yang terstruktur secara baik melalui lembaga adat yang terus ditransfer dari generasi ke generasi sampai sekarang ini. Sistem nilai penyelesaian sengketa tersebut terbukti efektif dalam menyelesaikan sengketa, bahkan dapat mewujudkan keharmonisan dalam masyarakat berdasarkan prinsip keadilan, persaudaraan, silaturahmi, dan yang terpenting juga dapat menghilangkan dendam.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:51
Last Modified: 22 Jul 2022 01:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21978

Actions (login required)

View Item
View Item