Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Science pada Konsep Perpindahan Kalor di Kelas X MAN Darussalam

Eva Munawarah, 251121334 (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Science pada Konsep Perpindahan Kalor di Kelas X MAN Darussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
GABUNGAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran fisika dikarenakan guru tidak melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar mengajar dan tidak mengembangkan keterampilan generik sciencenya, sehingga pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan keterampilan generki science siswa pada materi perpindahan kalor di MAN Darussalam; 2) Aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan model pembelajaran inkuiri pada materi perpindahan kalor; 3) respon siswa terhadap model pembelajaran inkuiri pada konsep perpindahan kalor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan design control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes, lembar observasi guru, dan siswa dan angket (respon). Data dianalisis menggunakan statistik uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yaitu thitung > t1/2α (11,60>2,02), yang artinya ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang diajarkan menggunakan model inkuiri dengan kelas yang diajarkan tanpa model inkuiri. peningkatan keterampilan generik science siswa kelas ekperimen pada aspek Pengamatan langsung yaitu 80%, aspek pengamatan tak langsung meningkat mencapai 76, aspek bahasa simbolik meningkat mencapai 56%, aspek kerangka logika taat azas meningkat hingga 84%, aspek hubungan sebab-akibat meningkat mencapai 52%, aspek pemodelan matematis meningkat 68%, aspek inferensi logika meningkat mencapai 64, namun tidak terlalu meningkat pada aspek skala besaran yaitu 48%, aspek membangun konsep hanya 36. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model inkuiri positif ditunjukkan dengan respon siswa yang menjawab sangat setuju mencapai 28,26 % dan setuju 50,66 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Wardi A. Wahab, M.Ag 2. Arusman M.Pd
Uncontrolled Keywords: komunikasi,non verbal, orang tua
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: eva munawarah
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:26
Last Modified: 12 Jan 2018 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item
View Item