Peer Reviewa artikel Implementasi Syari’at Islam di Aceh: Studi Kasus Peranan Da’i Perbatasan di Kabupaten Aceh Tamiang

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Peer Reviewa artikel Implementasi Syari’at Islam di Aceh: Studi Kasus Peranan Da’i Perbatasan di Kabupaten Aceh Tamiang. Al-Adalah: Jurnal Hukum dan Politik Islam, IAIN Bone.

[thumbnail of Peer Reviewa artikel Implementasi Syari’at Islam di Aceh] Text (Peer Reviewa artikel Implementasi Syari’at Islam di Aceh)
Implementasi Syariat Islam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk membahas tentang implementasi syari’at Islam di Aceh khususnya mengenai peranan da’i perbatasan di Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Penelitian ini merupakan kajian sosilogi hukum yang membahas hukum dalam realitas kehidupan masyarakat. Pengumpulan data menggunakan dua macam teknik yaitu kajian literatur dan wawancara mendalam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa da’i perbatasan merupakan program dari Dinas Syari’at Islam yang bertujuan untukmendukung pelaksanaan syari’at Islam di daerah perbatasan dan daerah terpencil yang ada di Aceh. Yaitu di daerahSingkil, Aceh Selatan, Subulussalam, Simeulu, Aceh Tenggara, dan Aceh Tamiang. Khusus di Aceh Tamiang da’i perbatasan telah melakukan tugas dan fungsinya dengan baik yaitu melakukan kegiatan pengajian agama, pengajian taman pendidikan al-Qur’an, memperkuat aqidah dan menjaga kerukunan umat beragamadalam masyarakat. Sehingga dengan demikian dalam konteks sosiologi hukum syari’at Islam yang diterapkan di Aceh memberikan dampak yang positif bagi masyarakat. Dalam artian bahwamasyarakat taat dalam beragama, pengetahuan agamanya bertambah, aqidah yang kuatdan kehidupan agama menjadi rukun

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.9 Aspek Fiqih Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:54
Last Modified: 22 Jul 2022 01:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21983

Actions (login required)

View Item
View Item