Peer Review artikel Makna Lafaz Al-Ashnam-Al-Autsan-Al-Anshab Dan Al-Tamatsil Dalam Al-Quran

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Peer Review artikel Makna Lafaz Al-Ashnam-Al-Autsan-Al-Anshab Dan Al-Tamatsil Dalam Al-Quran. Tafse; Journal of Islamic Studies, Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peer Review artikel Makna Lafaz Al-Ashnam, Al-Autsan, Al-Anshab] Text (Peer Review artikel Makna Lafaz Al-Ashnam, Al-Autsan, Al-Anshab)
Makna Lafaz al-Ashnam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Lafaz al-ashnām, al-autsān, al-anshāb dan al-tamātsīl diartikan dengan patung dan berhala dalam penerjemahan al-Qur`an. Hal ini merupakan suatu kejanggalan, karena keempat istilah tersebut diartikan dengan makna yang sama. Untuk memahami secara detail, perlu dicarikan karakteristik penafsiran dari masing-masing istilah, sehingga memberikan makna yang komprehensif atau makna sebenarnya. Tulisan ini menjelaskan bahwa lafaz al-ashnām, al-autsān, al-anshāb dan al-tamātsīl memiliki makna yang berbeda. Al-ashnām ialah berhala yang terbuat dari batu, logam, dan tembaga yang gambarannya tidak dipahat secara tiga dimensi. Al-autsān berhala yang terbuat dari bahan kayu, batu, tanah, dan lain-lain. Al-anshāb adalah batu yang tidak memiliki bentuk yang digunakan sebagai tempat penyembelihan binatang yang akan dipersembahkan untuk berhala-berhala. Sedangkan al-tamātsīl, segala sesuatu yang dibuat dalam bentuk seperti ciptaan manusia yang terbuat dari kayu, batu pualam, tembaga, dan kaca yang kemudian disebut patung, bahkan ada yang menyembutnya berhala. Makna dari keempat istilah tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu: pertama, lafaz al-ashnām, al-autsān, al-anshāb dan al-tamātsīl digunakan untuk berhala dalam bentuk fisik seperti berhala ‘Uzzā, salib, patung-patung dan lainnya. Kedua, lafaz al-ashnām dan al-autsān, digunakan untuk berhala dalam non-fisik, yaitu segala sesuatu yang dapat memalingkan diri dari Allah swt.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:54
Last Modified: 22 Jul 2022 01:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21985

Actions (login required)

View Item
View Item