Peer Review laporan penelitian Doktrinisasi Keabsahan Salat Jumat di Kabupaten Aceh Besar

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Peer Review laporan penelitian Doktrinisasi Keabsahan Salat Jumat di Kabupaten Aceh Besar. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of peer reviewa laporan penelitian Doktrinisasi Keabsahan Salat Jumat di Kabupaten Aceh Besar] Text (peer reviewa laporan penelitian Doktrinisasi Keabsahan Salat Jumat di Kabupaten Aceh Besar)
Doktrinisasi Keabsahan Salat Jumat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan salat jumat telah diragukan keabsahannya oleh sebagian masyarakat di Kabupaten Aceh Besar, hal itu terjadi karena pelaksanaannya dianggap mengabaikan beberapa syarat sehingga sebagian masyarakat melaksanakan kembali salat zuhur setelah jumat. Berdasarkan permasalahan di atas, pertanyaan penelitian yang akan dikaji adalah bagaimana pemahaman masyarakat Kabupaten Aceh Besar tentang salat jumat, faktor apa yang mendorong mereka meragukan keabsahan salat jumat, dan bagaimana pengaruh pemikiran ulama dayah terhadap pemahaman keagamaan masyarakat Aceh Besar tentang keabsahan salat jumat. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif kritis, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik ini digunakan untuk melihat pemahaman masyarakat terhadap
landasan hukum dan tata cara pelaksanaan salat jumat yang telah dirumuskan dalam mazhab Syafi’i, dan pengaruh pemikiran ulama dayah terhadap pemahaman keagamaan masyarakat Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
sebagian masyarakat Aceh Besar agak ketat dalam memahami dua
persayaratan keabsahan jumat: pertama, letak lokasi antara mesjid dalam pelaksanaan salat jumat, dimana adanya aturan tidak boleh ada 2 mesjid atau lebih saling berdekatan yang melaksanakan jumat. Kedua, sebagai persyaratan keabsahan jumat adalah jumlah jamaah minimal 40 orang harus benar-benar memahami persoalan salat jumat. Akibat dari tidak yakin terpenuhinya kedua syarat tersebut, sebagian masyarakat kembali melakukan salat zuhur setelah jumat.
Pemahaman masyarakat tentang salat jumat terhegemoni oleh para alumni dayah karena beberapa faktor. Pertama, lahirnya figur-figur ulama dari dayah. Kedua, keaktifan alumni dayah dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan. Ketiga, kharismatik yang dimiliki alumni dayah.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:55
Last Modified: 22 Jul 2022 01:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21989

Actions (login required)

View Item
View Item