Kriteria Keluarga Harmonis Menurut Masyarakat Desa Bambel Gabungan Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara

Jahraini Maghfirah, 160402075 (2022) Kriteria Keluarga Harmonis Menurut Masyarakat Desa Bambel Gabungan Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kriteria Keluarga Harmonis Menurut Masyarakat Desa Bambel Gabungan Kecamatan Bambel Kabupaten   Aceh Tenggara] Text (Kriteria Keluarga Harmonis Menurut Masyarakat Desa Bambel Gabungan Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara)
Jahraini Maghfirah, 160402075, FDK, KPI, 082294281382.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Setiap pasangan suami istri pastinya menginginkan sebuah keluarga yang harmonis dan setiap keluarga tentunya memiliki kriteria keluarga harmonis tersendiri dalam mewujudkan sebuah keluarga yang harmonis begitu pula dengan masyarakat desa Bambel Gabungan yang memiliki kriteria keluarga harmonisnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria keluarga harmonis menurut konseling dan kriteria keluarga harmonis menurut masyarakat desa Bambel Gabunga serta bagaimana usaha masyarakat desa Bambel Gabungan dalam menjaga keharmonisan keluarganya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Penelitian dilakukan di desa Bambel Gabungan dengan subjek 7 0rang informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan teknik wawancara. Kemudian pengolahan data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data lalu menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kriteria keluarga harmonis menurut konseling diantaranya: memahami tujuan, asas, syarat dari pernikahan dan membina rumah tangga, kesiapan dalam menjalin pernikahan, keluarga saling menghargai, rasa toleransi, mendukung keluarga, serta mampu menjaga keharmonisan keluarga. Adapun kriteria keluarga harmonis menurut masyarakat desa Bambel Gabungan diantaranya: adanya rasa aman dan nyaman, ekonomi tercukupi, kepala keluarg yang bertanggung jawab dan setia, saling menyayangi, adanya rasa bahagia, satu tujuan dan pandangan dalam membina rumah tangga, hubungan yang baik dengan keluarga besar, komunikasi yang baik, dan anak-anak yang baik. Usaha-usaha yang dilakukan masyarakat untuk menjaga keharmonisan keluarganya diantaranya: kesabaran dalam menghadapi masalah, memperlakukan pasangan dengan baik, saling menghargai dan menghormati, menyelesaikan masalah bersama-sama, meluangkan waktu untuk keluarga, memenuhi kebutuhan pasangan, dan rasa kasih sayang terhadap pasangan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kriteria, keluarga harmonis, konseling, masyarakat.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Jahraini Maghfirah Jahraini
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:16
Last Modified: 26 Jul 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21990

Actions (login required)

View Item
View Item