Konflik Batin dalam Cerpen “Zaynūbah” Karya Muhammad Al-Khair Hamid (Kajian Psikologi Sastra)

Aisyah Legiana, 170502019 (2022) Konflik Batin dalam Cerpen “Zaynūbah” Karya Muhammad Al-Khair Hamid (Kajian Psikologi Sastra). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Konflik Batin dalam Cerpen “Zaynūbah” Karya Muhammad Al-Khair Hamid (Kajian Psikologi Sastra)] Text (Konflik Batin dalam Cerpen “Zaynūbah” Karya Muhammad Al-Khair Hamid (Kajian Psikologi Sastra))
Aisyah Legiana, 170502019, FAH, BSA, 085260516304.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul As-Ṣirā' An-nafsiī fī Qisṣah Qaṣīrah Zayn Zaynūbah li Muḥammad Al-Khair Ḥāmid (Dirāsah Sīkūlūjiyah adabiyah). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk konflik batin serta faktor-faktor konflik batinnya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif analisis. Dan hasil yang diperoleh peneliti adalah: pertama, “Id” yang terdapat pada kecemasan, marah dan kesal; kedua, “Ego” yang terdapat dalam pengambilan keputusan dan bimbang; ketiga, “Super Ego” yang terdapat pada rasa bersalah, sabar, kerja keras dan dorongan teman. Serta faktor-faktor konflik batin pada cerpen yang berupa: pertama, faktor keluarga; suami Zainab meninggalkannya berbulan-bulan, dan kedua, faktor sosial; rayuan dan hinaan, dan ketiga faktor ekonomi; permasalahan uang sewa, hutang, susu dan sekolah anak-anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Aisyah Legiana
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:37
Last Modified: 25 Jul 2022 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22038

Actions (login required)

View Item
View Item