Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya

Nurul Husna, 150204026 (2021) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik] Text (Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik)
Nurul Husna, 150204026, FTK, PFS, 082258804748.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis kesulitan belajar peserta didik pada materi gerak lurus kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya”. Sampel yang diambil sebanyak 31 peserta didik kelas VIII-I SMP Negeri 2 Indrajaya. Kesulitan belajar dapat diartikan sebagai ketidakmampuan anak dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Kesulitan belajar ini dapat dialami oleh individu dalam proses belajarrnya untuk mengatasi kesulitan belajar tidak cukup dengan mengetahui taraf kecerdasan akan tetapi menyediakan prasarana yang memadai untuk penanganan remediasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “kesulitan apa saja yang dihadapi peserta didik pada materi gerak lurus kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dihadapi peserta didik pada materi gerak lurus kelas VIII SMP Negeri 2 Indrajaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Intrumen yang digunakan adalah soal tes. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa jenis kesulitan yang dialami oleh peserta didik terdapat 5 indikator yaitu kesulitan berhitung dengan nilai persentase sebesar 17,93% dikategorikan kurang dengan keterangan mengalami kesulitan dalam berhitung, penguasaan konsep 30,60% dikatergorikan kurang dengan keterangan mengalami kesulitan dalam penguasaan konsep, mengartikan lambang 22,60% dikategorikan kurang dengan keterangan mengalami kesulitan dalam mengartikan lambang, mengkonversikan satuan 26,90% kategori kurang dengan keterangan mengalami kesulitan belajar dalam mengkonversikan satuan, mengelompokkan seperangkat pengertian dengan nilai persentase 29,76% kategori kurang dengan keterangan mengalami kesulitan dalam mengelompokkan seperangkat pengertian. Kesulitan ini harus diatasi dengan menerapkan metode yang mampu mengubah dan membantu membangkitkan semangat peserta didik untuk belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fitriyawany, M.Pd 2. Rahmati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, kesulitan belajar, gerak lurus
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurul Husna Nurul
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:53
Last Modified: 25 Jul 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22039

Actions (login required)

View Item
View Item