: Konsep Keluarga Sakinah Menurut Perspektif Ulama Dayah Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar

Hidayaturridha, 180101059 (2022) : Konsep Keluarga Sakinah Menurut Perspektif Ulama Dayah Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Konsep Keluarga Sakinah Menurut Perspektif Ulama Dayah] Text (Konsep Keluarga Sakinah Menurut Perspektif Ulama Dayah)
Syukri Asnawi, 180101083, FSH, HK, 082274754755.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh angka perceraian yang begitu tinggi di provinsi Aceh pada tahun 2021, menurut informasi yang penulis dapatkan melalui website Mahkamah Syar’iyah Aceh, disebutkan bahwasanya angka perceraian yang terjadi sepanjang januari hingga desember 2021, angka perceraian di Aceh mencapai 6.448 perkara yang sudah diputuskan. Dimana 1.474 putusan perkara cerai talak dan 4.974 putusan perkara cerai gugat. Sebelumnya perkara yang diterima oleh Mahkamah Syariah Aceh berjumlah 7.145 perkara. Diantaranya 1.684 perkara cerai talak dan 5.461 cerai gugat. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana konsep keluarga sakinah yang sebenar-benarnya, sehingga penulis memilih subjek penelitian yaitu ulama dayah, dikarenakan masyarakat Aceh sangat tidak asing lagi dengan ulama dayah dan informasi serta penjelasan yang ulama-ulama dayah sampaikan akan sangat mudah diterima dan harapan penulis dengan adanya penelitian ini dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan catin-catin yang ingin menikah terkhusus bermanfaat bagi pribadi penulis. Maka dari uraian di atas penulis ingin mengetahui bagaimana konsep keluarga sakinah menurut perspektif Ulama Dayah Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Dalam penelitian hukum, penelitian ini termasuk kategori penelitian empiris sosiologis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang menggunakan teori fenomenologi. Fenomenologi dalam suatu metode penelitian yang bertujuan untuk mencari hakikat atau esensi dari pengalaman, yakni mengungkapkan gambaran tentang kehidupan rumah tangga oleh Ulama-Ulama Dayah yang ada di Kecamatan Darussalam. Dimana mereka membangun bahtera rumah tangga mereka dengan berdasarkan nilai-nilai agama yang telah mereka pelajari, pahami, dan kemudian untuk mengamalkan dalam kehidupan mereka sehari-harinya, yang merupakan alat menopang rumah tangga mereka menuju keluarga yang sakinah mawaddah, dan rahmah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep keluarga sakinah menurut perspektif Ulama Dayah Kecamatan Darussalam adalah kehidupan rumah tangga yang dibangun dengan berdasarkan nilai-nilai keagamaan, yaitu senantiasa menanamkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari pada setiap anggota keluarga. Kemudian juga selalu menjalankan rutinitas amar ma’ruf nahi mungkar, sehingga tercipta ketenangan jiwa dalam rumah tangga, serta terwujudnya sebuah keluarga yang sakinah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Hidayaturridha Dayat
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:52
Last Modified: 25 Jul 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22044

Actions (login required)

View Item
View Item