Spesies Fauna Di Rahmat Zoo And Park Serdang Bedagai Sumatera Utara Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Keanekaragaman Hayati

Annisa Rofifah, 180207030 (2022) Spesies Fauna Di Rahmat Zoo And Park Serdang Bedagai Sumatera Utara Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Spesies Fauna Di Rahmat Zoo And Park Serdang Bedagai Sumatera Utara Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Keanekaragaman Hayati] Text (Spesies Fauna Di Rahmat Zoo And Park Serdang Bedagai Sumatera Utara Sebagai Referensi Tambahan Pada Materi Keanekaragaman Hayati)
Annisa Rofifah, 180207030, FTK, PBL, 082367037155.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Rahmat Zoo and Park sebagai salah satu tempat lembaga konservasi serta tempat wisata yang mengoleksi berbagai satwa dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran biologi terutama pada materi keanekaragaman hayati. Namun, keanekaragaman fauna di kebun binatang tersebut belum terdokumentasikan secara baik dalam bentuk buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi spesies fauna yang terdapat di Rahmat Zoo and Park, untuk mengelompokkan keanekaragaman hayati di tingkat gen, spesies, dan ekosistem pada Rahmat Zoo and Park, uji kelayakan produk hasil penelitian dan respon siswa terhadap produk hasil penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi secara langsung dengan terhadap obyek penelitian. Analisis data dilakukan secara analisis kualitatif dan kuantitatif. Data hasil penelitian didapat 73 spesies fauna yang menjadi koleksi Rahmat Zoo and Park, terdiri dari 10 spesies reptil, 43 spesies aves, dan 20 spesies mamalia. Keanekaragaman hayati di Rahmat Zoo and Park terbagi dalam 3 tingkat yaitu gen, spesies, dan ekosistem, dengan keanekaragaman tingkat spesies lebih mendominasi dibandingkan tingkat gen. Kelayakan produk hasil penelitian oleh ahli materi diperoleh persentase 79,82% dengan kategori layak dan ahli media diperoleh persentase 88,57% dengan kategori sangat layak. Respon siswa terhadap produk hasil penelitian oleh siswa MAN 1 Medan didapat persentase 89,5% dan oleh siswa SMAN 1 Pegajahan didapat persentase 96,4% dengan kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Annisa Rofifah
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:04
Last Modified: 25 Jul 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22047

Actions (login required)

View Item
View Item