Penggunaan Media Power Point Interaktif dalam Pembelajaran Aqidah materi Sifat-Sifat Wajib bagi Allah di SMP-IT Madrasatul Qur’an Desa Baet, Baitussalam, Aceh Besar.

Afni Fitria, 170201176 (2021) Penggunaan Media Power Point Interaktif dalam Pembelajaran Aqidah materi Sifat-Sifat Wajib bagi Allah di SMP-IT Madrasatul Qur’an Desa Baet, Baitussalam, Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Power Point Interaktif dalam Pembelajaran Aqidah materi Sifat-Sifat Wajib bagi Allah di SMP-IT Madrasatul Qur’an Desa Baet, Baitussalam, Aceh Besar.] Text (Penggunaan Media Power Point Interaktif dalam Pembelajaran Aqidah materi Sifat-Sifat Wajib bagi Allah di SMP-IT Madrasatul Qur’an Desa Baet, Baitussalam, Aceh Besar.)
Afni Fitria, 170201176, FTK, PAI, 082392311996.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media dalam proses pembelajaran memiliki peranan penting agar tercapainya hasil belajar yang maksimal diantaranya penggunaan media power point interaktif. Berdasarkan penelitian ini memiliki latar belakang masalah bahwa peran teknologi melalui media pembelajaran dapat membantu pendidik dalam proses pembelajaran sehingga tercapainya hasil belajar yang maksimal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, Adapun rumusan penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana penggunaan media power point interaktif dalam pembelajaran Aqidah materi sifat-sifat wajib bagi Allah? Apakah media power point interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Aqidah materi sifat wajib bagi Allah pada siswa kelas VIII di SMP-IT Madrasatul Qur’an? Adapun penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperimental Design. Model desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksperimen semu (bukan eksperimen sungguh-sungguh). Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal pretest dan posttest kemudian pengolahan data menggunakan software SPSS 20.0 for window. Soal pretest bertujuan untuk melihat kemampuan peserta didik sebelum diberi perlakuan sedangkan soal posttest bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media power point interaktif terhadap kemampuan peserta didik setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa penggunaan media power point interaktif dalam pembelajaran Aqidah dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatkan hasil belajar peserta didik. ini dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian eksperimen sehingga diketahui bahwa perolehan nilai rata-rata skor pretest lebih rendah dibanding nilai posttest. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji T sebesar -9.395. Sehingga dapat disimpulkan bahwa agar tercapainya hasil belajar yang maksimal maka komponen-komponen pembelajaran harus diperhatikan. Berdasarkan penelitian ini dapat dilihat bahwa penggunaan media power point interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Aqidah materi sifat-sifat wajib bagi Allah kelas VIII di SMP-IT Madrasatul Qur’an, Desa Baet, Baitussalam, Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Afni Fitria
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:17
Last Modified: 25 Jul 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22054

Actions (login required)

View Item
View Item