Peran BPN Kota Banda Aceh Dalam Penyelenggaraan Pendaftaran Sertifikat Hak Milik Atas Tanah Di Gampong Deah Raya Kecamatam Syiah Kuala

Nanda Elsa Safirah, 180106029 (2022) Peran BPN Kota Banda Aceh Dalam Penyelenggaraan Pendaftaran Sertifikat Hak Milik Atas Tanah Di Gampong Deah Raya Kecamatam Syiah Kuala. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran BPN Kota Banda Aceh Dalam Penyelenggaraan  Pendaftaran Sertifikat Hak Milik Atas Tanah] Text (Peran BPN Kota Banda Aceh Dalam Penyelenggaraan Pendaftaran Sertifikat Hak Milik Atas Tanah)
Nanda Elsa Safirah, 180106029, FSH, IH, 082276027372.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Untuk menjamin kepastian hukum di bidang pertanahan, pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional menyelenggarakan pendaftaran tanah di seluruh wilayah Republik Indonesia. Pendaftaran tanah juga dibebankan kepada para pemilik tanah untuk mendaftarkan hak atas tanahnya. Penyelenggaraan pendaftaran tanah guna memperoleh jaminan kepastian hukum diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, dan diatur juga dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Melihat hal ini, usaha yang dilakukan oleh pemerintah cukup optimal, akan tetapi di Gampong Deah Raya yang berada di Kecamatan Syiah Kuala penyelenggaraan pendaftaran sertifikat hak milik atas tanah oleh BPN Kota Banda Aceh masih belum berjalan dengan baik dikarenakan adanya beberapa faktor yang menjadi hambatan dalam penerapannya. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu bagaimana mekanisme penyelenggaraan pendaftaran sertifikat hak milik atas tanah, apa saja faktor yang menyebabkan penyelenggaraan pendaftaran sertifikat hak milik atas tanah di Gampong Deah Raya Kecamatan Syiah Kuala belum berjalan dengan baik, dan bagaimana peran serta upaya BPN Kota Banda Aceh terhadap hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelengaraan pendaftaran sertifikat hak milik atas tanah terbagi atas pendaftaran tanah secara sporadik dan sistematis, adapun faktor yang menyebabkan penyelenggaraan pendaftaran sertfikat hak milik atas tanah belum berjalan dengan baik karena adanya beberapa faktor penghambat yang timbul didalam masyarakat itu sendiri. Namun, dari hambatan yang terjadi tersebut dapat diperoleh solusi-solusi yang sudah dilakukan oleh BPN Kota Banda Aceh guna mengatasi aspek yang menjadi kendala, seperti menyediakan berbagai informasi terkait pendaftaran tanah, memberikan layanan prima dan menyelenggarakan program PTSL di Gampong Deah Raya, sehingga kedepannya penyelenggaraan pendaftaran tanah ini dapat berjalan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Nanda Elsa Safirah Nanda
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:13
Last Modified: 26 Jul 2022 02:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22058

Actions (login required)

View Item
View Item