Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar

Diana Safitri, 30183688 (2022) Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Pascasarjana.

[thumbnail of Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar] Text (Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar)
Diana Safitri, 30183688, Pascasarjana, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Model pembelajaran discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang relevan dan perlu diterapkan dewasa ini untuk meningkatkan kreativitas dan mempertajam analisis siswa tingkat sekolah dasar sebagai salah satu model pembelajaran yang menggantikan metode pembelajaran konvensional. Implementasi model ini membutuhkan perencanaan dan evaluasi yang tepat guna mencapai hasil maksimal. Dalam penelitian ini hendak melihat bagaimana perencanaan implementasi model discovery learning dan evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Nurul Ishlah dan SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan implementasi model discovery learning dilakukan yaitu dengan menelaah komponen ; a) memilih materi, b) menetapkan tujuan pembelajaran, c) menganalisis karakteristik peserta didik, d) menentukan topik dan tahapan pembelajaran, e) membuat intrumen penilaian proses dan butir soal. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan cara menganalisa hasil penilaian pada proses dan penilaian akhir. Hasil evaluasi dari kedua sekolah tersebut terlihat bahwa pada penilaian proses keaktifan dan semangat peserta didik sangat baik, dan dari hasil penilaian akhir Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berkisar 85-90%. Capaian ini sekaligus menunjukkan implementasi discovery learning berjalan sesuai tujuan yang diharapkan di dua sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diana Safitri
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:37
Last Modified: 25 Jul 2022 04:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22064

Actions (login required)

View Item
View Item