Persepsi Pemilih Terhadap Kinerja KIP Aceh Selatan Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik (Studi Kasus Pilkada Aceh Selatan 2018

Raziul Ikrama, 170801054 (2021) Persepsi Pemilih Terhadap Kinerja KIP Aceh Selatan Dalam Melaksanakan Pendidikan Politik (Studi Kasus Pilkada Aceh Selatan 2018. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Pemilih Terhadap Kinerja KIP Aceh Selatan] Text (Persepsi Pemilih Terhadap Kinerja KIP Aceh Selatan)
Raziul Ikrama, 170801054, FISIP, IP, 081214773884 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran KIP Aceh Selatan dan menganalisis tentang persepsi masyarakat terhadap tantangan KIP Aceh Selatan dalam melaksanakan pendidikan politik. Penelitian ini dilakukan selama 14 hari mulai tanggal 13 – 26 November 2021. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode (mixed methods). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi Peran KIP Aceh Selatan terdapat 5 indikator yaitu: Sumber daya yang memberikan pengaruh dominan terhadap kinerja KIP Aceh Selatan yang diikuti oleh sumber daya tempat, bahan serta karyawan. Sarana dan Prasarana yang dimiliki KIP Aceh Selatan sudah memadai dan sudah terprosedur dikarenakan KIP Aceh Selatan sudah melakukan upaya pembenahan sarana dan prasarana juga sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Jejaring / Kerjasama KIP Aceh Selatan melakukan kerjasama dengan TV I NEWS, goes to campus, goes to school serta melakukan kerjasama dengan masyaraka dengan nama KADER DEMOKRASI. Prosedur yang dilakukan yaitu sosialisasi ke sekolah-sekola, memberikan seminar kepada masyarakat, serta membuat spanduk untuk memberikan edukasi atau pemahaman kepada masyarakat. Ketercapain Tujuan, dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya pemilu, dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Dengan adanya pendidikan politik yang dilakukan oleh KIP Aceh Selatan maka kaum milenial mampu memahai dan mengerti akan pentingnya berdemokrasi yaitu dengan memilih pada pemilu nantinya. Sedangkan Persepsi masyarakat terhadap peran KIP sangat mempengaruhi berjalannya proses pemilu yang baik. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi masyarakat terhadap kinerja KIP Aceh Selatan berdasarkan sumber daya dengan persentase sebesar 3,48% katergori baik, persepsi masyarakat terhadap sarana dan prasarna sebesar 3,58% kategori baik, persepsi masyarakat terhadap jejaring dan kerjasam sebesar 3,56% kategori baik, persepsi masyarakat terhadap prosedur sebesar 3,71% kategori baik, persepsi masyarakat terhadap ketercapaian tujuan sebesar 3,72%. Dari jumlah keseluruhan indikator dengan rata-rata sebesar 3,61%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Eka Srimulyani, S.Ag., M.A., Ph.D. 2. Danil Akbar Taqwadin
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kinerja KIP, Pendidikan Politik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Raziul Ikrama
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:58
Last Modified: 26 Jul 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22067

Actions (login required)

View Item
View Item