Penindakan Hukum Terhadap Pemilik Hewan Ternak yang Berkeliaran di Jalan Menurut Peraturan Bupati Aceh Besar No. 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak (Studi Kasus di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar)

Asmaul Husna, 180106088 (2022) Penindakan Hukum Terhadap Pemilik Hewan Ternak yang Berkeliaran di Jalan Menurut Peraturan Bupati Aceh Besar No. 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak (Studi Kasus di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Penindakan Hukum Terhadap Pemilik Hewan Ternak yang Berkeliaran di Jalan Menurut Peraturan Bupati Aceh Besar No. 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak (Studi Kasus di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar)] Text (Penindakan Hukum Terhadap Pemilik Hewan Ternak yang Berkeliaran di Jalan Menurut Peraturan Bupati Aceh Besar No. 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak (Studi Kasus di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar))
Asmaul Husna, 180106088, FSH, IH, 082260576053.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penindakan hukum terhadap pemilik hewan ternak yang berkeliaran di jalan menurut Peraturan Bupati Aceh Besar No. 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak (studi kasus di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar). Kasus hewan ternak yang berkeliaran sering dijumpai di wilayah Kabupaten Aceh Besar khususnya di jalan dan tempat-tempat umum, dalam hal ini ditemukan permasalahan untuk diteliti. Ada dua persoalan yang dikaji yaitu: pertama, bagaimana proses penindakan hukum oleh Satpol PP dan WH terhadap pemilik hewan ternak yang berkeliaran di jalan. Kedua, apakah proses penindakan hukum oleh Satpol PP dan WH sesuai dengan Peraturan Bupati Aceh Besar No. 5
Tahun 2021 tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak. Untuk memecahkan persoalan tersebut metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian yuridis empiris dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: pertama, penindakan yang dilakukan oleh Satpol PP dan WH terhadap pemilik ternak yang berkeliaran di jalan sebelum dan sesudah adanya Peraturan tindakan hanya dalam bentuk penertiban seperti pengusiran atau penghalauan ternak dan sosialisasi. Kedua, proses penindakan hukum oleh Satpol PP dan WH belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan Peraturan Bupati No.
5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak, jika dilihat dari ketentuan Pasal 11 (biaya tebusan penangkapan) dan Pasal 16 (sanksi administratif) peraturan tersebut dalam proses penindakannya belum berjalan secara tuntas dan menyeluruh seperti: razia penertiban, pengawasan, penangkapan dan pemberian sanksi dikarenakan kurangnya konsolidasi antar aparat penegak hukum dan masih banyak hambatan dalam pelaksanaan Peraturan Bupati No. 5 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penertiban Hewan Ternak, sehingga penindakan yang seharusnya dilakukan Satpol PP dan WH sampai
sekarang ini tidak berjalan seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Asmaul Husna
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:11
Last Modified: 27 Jul 2022 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22072

Actions (login required)

View Item
View Item