Penerapan Model Mind Mapping pada Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 25 Aceh Besar

Marita Sari, 170209010 (2021) Penerapan Model Mind Mapping pada Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Mind Mapping] Text (Model Mind Mapping)
Marita Sari, 170209010, FTK, PGMI, 085207477972 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan sebelumnya di MIN 25 Aceh Besar pada kelas IV, terdapat sebagian siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Oleh karena itu perlu adanya penerapan model mind mapping dengan media power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam penerapan model mind mapping dengan media power point pada pembelajaran tematik kelas IV MIN 25 Aceh Besar, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penerapan model mind mapping dengan media power point pada pembelajaran tematik kelas IV MIN 25 Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IVb dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kreteria keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini, berdasarkan hasil pengamatan adapun jumlah rata-rata data lembar observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 78,68, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 93,47. Hasil pengamatan pada lebar observasi aktivitas siswa jumlah rata-rata pada siklus I yaitu 73,91, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 91,30. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor nilai 65 termasuk kategori baik, namus secara klasikal nilai yang diperoleh belum tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi 90 termasuk dalam kategori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model mind mapping dengan media power point dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar di kelas IV MIN 25 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marita Sari Marita
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:02
Last Modified: 26 Jul 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22076

Actions (login required)

View Item
View Item