Fenomena Dan Respon Atas Fatwa Haram MPU Aceh Terhadap Game Online Higgs Domino Island Dalam Masyarakat Gampong Panjang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya

Raudhah Tul Jannah, 160305087 (2021) Fenomena Dan Respon Atas Fatwa Haram MPU Aceh Terhadap Game Online Higgs Domino Island Dalam Masyarakat Gampong Panjang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Fenomena Dan Respon Atas Fatwa Haram Mpu Aceh  Terhadap Game Online Higgs Domino Island Dalam Masyarakat  Gampong Panjang Baru Kecamatan Susoh  Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Fenomena Dan Respon Atas Fatwa Haram Mpu Aceh Terhadap Game Online Higgs Domino Island Dalam Masyarakat Gampong Panjang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)
Raudhah Tul Jannah, 160305087, FUF, SA, 082274448904.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berisikan tentang fenomena dan respon atas fatwa haram MPU Aceh terhadap game online Higgs Domino Island dalam masyarakat Gampong Panjang Baru Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami apa saja faktor yang mendorong masyarakat mengakses game online Higgs Domino Island, serta menjelaskan bagaimana tanggapan pemain game online dan masyarakat terhadap fatwa haram yang dikeluarkan oleh MPU Aceh dalam bermain game online Higgs Domino Island. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekaatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan purposive sampling. Teknik dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai respon pada kalangan masyarakat terhadap fatwa haram MPU Aceh serta memunculkan polemik. Sebagian menilai bahwa MPU Aceh telah melangkah tepat dengan menetapkan rumusan fatwa haram game online tersebut. MPU Aceh dianggap sangat responsif terhadap masalah-masalah sosial yang terjadi. Sebagian juga menyayangkan mengapa MPU Aceh hanya menyudutkan game online Higgs Domino Island tanpa mengharamkan game online secara umum. Sementara pendapat yang lainnya menilai tidak setuju dan menganggap MPU Aceh tidak perlu mengeluarkan fatwa tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.21 Fungsionaris Dakwah: Wali, Ulama, Mubaligh, Da'i
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Raudhah Tul Jannah
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:47
Last Modified: 27 Jul 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22091

Actions (login required)

View Item
View Item