Faktor Penyebab Isteri Tidak Memenuhi Kewajiban Terhadap Suami Dalam Rumah Tangga (Analisis Terhadap Penyebab Ketidakharmonisan Dalam Rumah Tangga di KUA Kecamatan Syiah Kuala)

Riska Maisarah, 180101082 (2022) Faktor Penyebab Isteri Tidak Memenuhi Kewajiban Terhadap Suami Dalam Rumah Tangga (Analisis Terhadap Penyebab Ketidakharmonisan Dalam Rumah Tangga di KUA Kecamatan Syiah Kuala). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Faktor Penyebab Isteri Tidak Memenuhi Kewajiban Terhadap Suami Dalam Rumah Tangga (Analisis Terhadap Penyebab Ketidakharmonisan Dalam Rumah Tangga di KUA Kecamatan Syiah Kuala)] Text (Faktor Penyebab Isteri Tidak Memenuhi Kewajiban Terhadap Suami Dalam Rumah Tangga (Analisis Terhadap Penyebab Ketidakharmonisan Dalam Rumah Tangga di KUA Kecamatan Syiah Kuala))
Riska Maisarah, 180101082, FSH, HK, 085261660324.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Semua pasangan mengharapkan keluarga yang harmonis atau sakinah mawadah warahmah. Idealnya untuk mewujudkan rumah tangga yang sakinah mawadah dan warahmah diperlukannya sesuatu keseragaman pemahaman tentang hak dan kewajiban antara suami dan isteri. suami isteri harus senantiasa menjalankan kewajiban masing-masing dalam rumah tangga. Namun berbeda halnya yang terjadi di Kecamatan Syiah Kuala ialah isteri tidak memenuhi kewajiban terhadap suaminya dalam rumah tangga. Dalam hukum Islam hendaknya isteri melaksanakan kewajiban untuk melayani suami, namun yang terjadi di Kecamatan Syiah Kuala masi ada isteri yang melalaikan kewajibannya. Permasalahan yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah yang pertama, apakah faktor penyebab isteri tidak memenui kewajiban terhadap suami dalam rumah tangga di Kecamatan Syiah Kuala, yang kedua, bagaimanakah dampak serta akibat hukum bagi isteri yang tidak memenuhi kewajiban terhadap suami dalam rumah tangga di Kecamatan Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus (Case Approach) yaitu menelaah kasus-kasus yang berkaitan dengan isu-isu yang ada dilapangan. Hasil Dalam penelitian ini menyatakan bahwa faktor penyebab isteri tidak memenuhi kewajibannya terhadap suami di kecamatan syiah kuala yaitufaktor himpitan ekonomi, faktor karier, faktor keharmonisan hubungan suami isteri, dan faktor KDRT. Adapun dampak yang terjadi dilapangan bagi isteri yang nusyuz ini ialah, terjadi Keributan atau Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), Perselingkuhan, Dibenci dan tidak dipercayai suami, dan perceraian. Kemudiandalam Islamakibat hukum bagi isteri yang tidak memenuhi kewajiban terhadap suaminyaialah menjadi isteri yang durhaka atau nusyuz terhadap suami. Selain itu isteri yang seperti ini juga tidak berhak mendapatkan nafkah dari suami.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Riska Maisarah
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:56
Last Modified: 27 Jul 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22093

Actions (login required)

View Item
View Item