Upaya Ustadz dan Ustadzah Dalam Meningkatkan Pengamalan Doa-Doa Pendek Pada Anak Didik di TPA Al-Abrar Samahani Aceh Besar

Khilyatul Ulum, 160201196 (2021) Upaya Ustadz dan Ustadzah Dalam Meningkatkan Pengamalan Doa-Doa Pendek Pada Anak Didik di TPA Al-Abrar Samahani Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengamalan  Doa-Doa  Pendek] Text (Pengamalan Doa-Doa Pendek)
Khilyatul Ulum, 160201196, FTK, PAI, 082267013991.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Sebagai seorang muslim, kita mengenal doa sehari-hari atau sebagian menyebutnya dengan doa-doa pendek yang dibacakan dalam setiap aktifitas sehari-hari mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi.. Namun deasawa ini, doa-doa pendek sudah mulai diabaikan dan kurang diperhatikan, bahkan di TPA sekalipun anak- anak didik sangat kurang dalam mengamalkan doa-doa pendek tersebut. Maka dengan ini penulis melakukan penelitian di TPA Al-Abrar Samahani Aceh besar guna melihat upaya apa saja yang dilakukan oleh ustadz dan ustadzah dalam meningkatkan pengamalan doa-doa pendek pada anak didik serta metode apa saja yang digunakan ustadz dan ustadzah dalam meningkatkan pengamalan doa-doa pendek tersebut? Hasil penelitian ditemukan bahwa benar adanya upaya yang dilakukan ustadz dan ustadzah dalam meningkatkan pengamalan doa-doa pendek. Adapun metode yang digunakan ustadz dan ustadzah yaitu menerapkan metode keteladanan yang disampaikan melalui lisan dan ajakan, pembiasaan yang ditunjukkan melalui peringatan dan teguran. Dari hasil edaran angket yang dijawab oleh anak-anak didik menunjukkan rendahnya pengawasan, pengajaran dan perhatian orang tua dalam meningkatkan pengamalan doa-doa pendek dimana sebanyak 64% anak-anak menjawab orang tua dirumah tidak pernah mengingatkan dan mengajarkan anak-anak untuk terbiasa mengamalkan doa-doa pendek dalam aktifitas sehari-harinya. Jadi secara garis besar upaya dan metode yang dilakukan ustadz dan ustadzah tidak mencapai hasil maksimal dikarenakan faktor-faktor eksternal lainnya yang ikut mempengaruhi peningkatan pengamalan doa-doa pendek pada anak-anak didik di TPA Al-Abrar Samahani, Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khilyatul Ulum Khilya
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:04
Last Modified: 27 Jul 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22096

Actions (login required)

View Item
View Item