Konsep Fitrah Dalam Persepktif Islam (Kajian Analisis Terhadap kelahiran Anak)

Elidar, 160201190 (2021) Konsep Fitrah Dalam Persepktif Islam (Kajian Analisis Terhadap kelahiran Anak). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perspektif Islam] Text (Perspektif Islam)
Elidar, 160201190, FTK, PAI, 085373077922.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, sehingga keberadaan fitrah tersebut dipertanyakan saat anak beranjak dewasa. Hal ini disebabkan oleh pendidikan pertama pada anak adalah lingkungan keluarga. Keluarga menjadi pondasi utama dalam pendidikan aqidah, akhlak, dan agama. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui bagaimana gambaran ayat dan hadits tentang konsep fitrah terhadap kelahiran anak, 2) bagaimana perspektif Islam terhadap kelahiran anak berdasarkan konsep fitrah. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research). Peneliti melakukan pengumpulan, pengolahan, serta menganalisis data melalui sumbernya berdasarkan referensi yang tertulis. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa fitrah pada kelahiran anak sebagai bentuk potensi yang suci dan bersih dari dosa, seperti kertas putih yang kosong tanpa goresan tinta dan noda sehingga keluarga menjadi pondasi utama dalam pendidikan dan perkembangan yang dibekali ilmu agama Islam. Menurut Al-Ghazali pendidikan Islam menjadi kesempurnaan manusia dalam pendekatan dengan Allah SWT, serta menggapai kebahagian dunia akhirat. Ibnu Khaldun mengatakan tujuan pendidikan untuk peningkatan pemikiran manusia, peningkatan peradaban masyarakat, peningkatan keruhaniah, dan menciptakan kurikulum dengan baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan: Pertama, diterangkan dalam Hadits Rasulullah SAW bahwa “Setiap ianak idilahirkan idalam keadaan ifitrah. iMaka ikedua iorang itua iyang imenjadikan ianak itersebut iberagama iYahudi, Nasrani, dan iMajusi” hal ini dikuatkan dalam Al-Qur’an surah Ar-Rum ayat:30 bahwa setiap manusia yang lahir tidak seperti kertas kosong melainkan memiliki potensi beragama yang lurus kepada Pencipta-nya. Kedua, agar fitrah tetap terjaga konsep ipendidikan iIslam pada ipotensi ianak isebagai ibentuk idin ikepada iPencipta maka peran seorang pendidik dapat mengembangkannya melalui pendidikan iagama Islam idengan itujuan iberiman iserta ibertakwa ikepada iAllah iSWT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elidar Elidar
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:05
Last Modified: 27 Jul 2022 03:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22097

Actions (login required)

View Item
View Item