Peran Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Dalam Membimbing Peningkatan Kinerja Pemandu Wisata Di Iboih Kota Sabang (Studi Deskriptif Di Iboih)

Riscy Fitri Ramadhani, 160402094 (2021) Peran Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Dalam Membimbing Peningkatan Kinerja Pemandu Wisata Di Iboih Kota Sabang (Studi Deskriptif Di Iboih). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kinerja Pemandu Wisata] Text (Kinerja Pemandu Wisata)
Risky Fitri Ramadhani, 160402094, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pada kenyataanya peran himpunan pramuwisata indonesia masih perlu dipertanyakan, buktinya masih muncul keluhan dari pemandu wisata seperti kurang menguasai dalam penyampaian informasi kepada wisatawan,dan pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran hpi yang dituangkan ke dalam program kerja pemandu wisata di iboih kota sabang, untuk mengetahui jenis-jenis bimbingan yang diberikan oleh hpi terhadap petugas pemandu wisata dan untuk mengetahui harapan pemandu wisata dalam meningkatkan kinerja pemandu wisata di iboih kota sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini dalam pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran hpi yang dituangkan ke dalam program kerja pemandu wisata seperti program yang diberikan oleh hpi sendiri tidak begitu dijalankan oleh pemandu wisata, karena ada didapatkan beberapa kendala tidak memaksimalkan dalam peran hpi untuk bekerja dan beberapa kendala yang terjadi pemandu wisata tidak mudah dikumpulkan. Adapun jenis-jenis bimbingan yang diberkan kepada petugas pemandu wisata yang sering didapatkan setiap anggota pemandu harus mendapatkan kartu tanda anggota juga tidak terlepas dari sertivikasi dan seperti bimbingan teknik yang sering diberikan bimbingan kepada petugas pemandu wisata. Adapun harapan yang banyak ditemukan setiap pemandu wisata harus memiliki keterampilan khusus tentang wisata dalam memberikan pelayanan sesuai kebutuhan wisatawan yang berkunjung ke kota sabang. Saran yang diberikan peneliti HPI. Saran yang disampaikan peneliti kepada HPI sendiri adalah untuk lebih sering memberikan bimbingan kepada pemandu wisata agar pemandu lebih memahami bagaimana cara memberikan tour guide kepada wisatawan. Kepada pemandu agar lebih banyak mempelajari tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik kepada wisatawan, agar mereka dapat mudah mengerti dan memahami apa yang telah kita jelaskan saat tour guide. Kepada peneliti selanjutnya berharap untuk lebih memperluas fokus masalah penelitiannya tidak hanya tentang peran himpunan pramuwisata indonesia (HPI).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Riscy Fitri Ramadhani Riscy
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:16
Last Modified: 29 Jul 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22098

Actions (login required)

View Item
View Item